Akhir pekan biasanya menjadi momen yang dinantikan banyak orang khususnya yang berstatus sebagai pegawai untuk rehat sejenak. Selain bersantai di rumah atau keluar ke tempat wisata, biasanya orang-orang memiliki wisata kuliner. Baik dengan makan diluar rumah maupun memasak sendiri untuk disantap bersama keluarga besar.

5 Bahan Makanan yang Kurang Cocok Jika Dibakar

Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dibakar

Ada banyak menu istimewa bisa dinikmati saat akhir pekan yang santai tiba, paling enak memang menyantap menu yang dibakar alias barbeque. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua bahan makanan akan enak saat dibakar? Rupanya ada beberapa bahan makanan yang kurang cocok dibakar, karena bisa merusak kualitas rasanya.

Apa saja bahan makanan yang dimaksudkan? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Bacon

Bacon merupakan daging irisan tipis yang biasanya dijadikan bahan isian roti isi atau sandwich. Selain itu bisa pula disantap bersamaan dengan kentang rebus maupun yang dibakar. Hanya saja bacon bukanlah bahan makanan yang cocok dimasak dengan cara dibakar.

Api pembakaran akan membuat bacon mengeluarkan minyak atau cairan berlebihan. Sehingga kualitas rasanya menjadi kurang maksimal, alangkah baiknya diolah dengan cara lain misalnya direbus bersama kuah kaldu berbumbu dan sayuran. Bisa pula ditumis sementar dengan sayur dan aneka rempah agar lebih sedap.

2. Daging Babi

Bagi non-muslim, menyantap daging babi di akhir pekan memberi kenikmatan tersendiri. Tekstur daging yang lembut dan kaya minyak membuatnya super gurih saat masuk ke mulut. Daging babi panggang biasanya juga menjadi favorit banyak orang.

Hanya saja daging babi yang sudah dipotong sebaiknya tidak dipanggang atau dibakar. Sebab sentuhan dengan api membuat potongan daging mengering dengan cepat. Sehingga membuat teksturnya keras dan tidak sedap disantap. Jika ingin makan daging babi panggang sebaiknya tidak memotong dagingnya agar tetap lunak.

3. Udang

Udang masih menjadi jenis seafood yang diminati oleh banyak orang, hanya saja bahan makanan ini sebaiknya tidak dibakar.

Khususnya udang kupas, sebab daging udang akan cepat kering dan menjadi keras sama seperti daging babi potong. Supaya tetap enak sebaiknya udang tidak dikupas saat dibakar, meskipun akan kurang praktis ketika disantap.

4. Ikan

Ikan jenis tertentu memang perlu diolah dengan cara lain kecuali dibakar, misalnya ikan bandeng. Ikan jenis ini biasanya mudah hancur dan dagingnya lengket di kisi pembakaran sehingga tidak nikmat lagi saat disantap. Berbeda dengan ikan gurami, bawal, maupun nila yang tetap lezat ketika dibakar.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang sifatnya mengandung banyak air kurang cocok dimasak dengan cara dibakar. Sebab hanya akan menjadi layu dan kualitas rasanya jauh dari kata enak. Oleh sebab itu sayuran semacam ini sebaiknya tidak dibakar, seperti selada hijau maupun merah.