Seringkali kita tidak menyadari kuota internet sering habis begitu cepat. Ponsel android menyediakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk penghematan terhadap kuota dan aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi-aplikasi yang bisa menghemat paket data di antaranya:

1. My Data Manager

Aplikasi My Data Manager telah digunakan lebih dari 11,5 juta pengguna. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijak agar tidak kehabisan paketan daya internet secara tiba-tiba.

My Data Manager akan menginformasikan kepada Anda aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota. Tidak hanya memantau penggunaan data saat Anda menggunakan paket data, tetapi My Data Manager juga memantau pemakaian data Anda ketika Anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

2. Opera Max

Sebuah asisten pintar yang dapat memberikan saran terbaik secara personal untuk menghemat data Anda, melindungi keamanan Anda, dan mengelola aplikasi. Aplikasi Opera Max mampu mengompres semua data yang masuk baik melalui browser, aplikasi, atau game.

Dengan kompresi data yang cukup tinggi, membuat komunikasi data semakin ringan sehingga selain menghemat kuota internet, juga akan mempercepat koneksi internet. Opera Max akan melacak penggunaan data aplikasi dan memberikan saran mengenai bagaimana cara terbaik untuk mengurangi data terbuang, menghemat uang dan melindungi privasi Anda.

Aplikasi Opera Max juga dapat digunakan untuk memblokir komunikasi data aplikasi tertentu, ini cukup efektif untuk mematikan iklan di Android terutama pada game-game gratis. Selain keamanan yang kuat, Opera Max meningkatkan konektivitas Wi-Fi untuk aplikasi Anda saat sinyal lemah atau hotspot Wi-Fi yang penuh.

3. DataEye

DataEye menghemat kuota dan baterai ponsel Anda dengan membiarkan Anda mengelola lalu lintas data seluler Anda secara mandiri. Aplikasi ini akan memberikan saran untuk Anda dapat menyimpan data dan mengatur kuota yang Anda inginkan. Anda dapat mengendalikan berdasarkan aplikasi per aplikasi.

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya, DataEye juga dilengkapi dengan track yang bisa memperlihatkan berapa banyak data yang sudah Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat memblokir juga background yang tidak diinginkan. Selain dengan mengelola data, aplikasi ini juga membantu Anda untuk mengatur kekuatan baterai Anda.

4. CM Data Manager

CM Data Manager merupakan aplikasi handal yang membantu Anda mengelola data seluler Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memeriksa penggunaan data dan kecepatan jaringan secara instan sepanjang waktu, dan memantau semua penggunaan data seluler di latar belakang dan latar depan. Aplikasi ini bahkan melindungi tagihan ponsel Anda dengan memblokir aplikasi yang membuang-buang paket data Anda.