Menjalani WFH atau Work from Home tidak selalu terasa mudah dan menyenangkan, aktualnya banyak tantangan harus dihadapi. Dimulai dari tantangan psikis karena rentan bosan dan stress dengan rutinitas yang tidak bisa terlalu variatif. Selain itu ada pula resiko mengalami sakit punggung karena bekerja dengan posisi kurang tepat.

4 Tips agar Tidak Sakit Punggung Selama WFH

Tips agar Tidak Sakit Punggung Selama WFH

Saat bekerja dari rumah maka dijamin akan memanfaatkan setiap sudut dan ruangan di rumah yang ditempati. Ada kalanya menyelesaikan pekerjaan kantor dengan duduk di meja kerja, beralih ke ruang makan, kursi sofa, atau bahkan di tempat tidur. Posisi selama bekerja di berbagai tempat ini ternyata kurang menguntungkan bagi tubuh.

Salah satu akibatnya adalah bisa mengalami sakit punggung yang tentu perlu ditangani dengan cepat dan tepat. Simak beberapa tips berikut agar resiko sakit punggungg tidak dialami selama WFH:

1. Memperhatikan Posisi Layar Komputer

Saat menjalani WFH pastikan menata atau menempatkan komputer di posisi yang benar. Yakni lebih rendah dibandingkan dengan garis pandang mata, begitupun dengan keyboard. Pastikan punggung tidak perlu membungkuk saat mengetik, sekaligus tidak sampai membuat bahu harus diangkat.

Jika posisi layar komputer sudah benar maka akan menjaga postur tubuh tetap baik, sehingga tidak mudah terkena sakit punggung. Akan lebih baik jika mengetik atau mengerjakan apapun di depan layar komputer yang ditempatkan di atas meja kerja. Jika bosan bisa pindah ke ruangan lain dengan meja yang sama atau meja lain dengan ketinggian yang sama.

2. Memperhatikan Posisi Tubuh

Selain memperhatikan posisi layar komputer, sebaiknya juga memperhatikan posisi tubuh. Pastikan WFH dilakukan dengan duduk di atas kursi yang memungkinkan kaki menekuk membentuk sudut 90 derajat. Selain itu pastikan siku tidak terlalu jauh dari tubuh.

Penting pula untuk memastikan telapak kaki bisa menapak dengan sempurna di permukaan lantai. Pastikan pula punggung tetap tegak saat mengetik apapun di depan layar komputer. Jika postur atau posisi tubuh sudah tepat maka punggung pun aman dari rasa sakit.

3. Melakukan Peregangan

Bekerja seharian seperti di kantor sekalipun ada di dalam rumah memang sangat mungkin untuk dilakukan. Namun bukan berarti murni duduk manis di atas kursi kerja. Sesekali berhenti sejenak dan melakukan peregangan agar tubuh tidak kaku dan punggung tidak sakit.

4. Sesekali Berdiri

Sesekali ada baiknya untuk berdiri dari kursi kerja dan sedikit berjalan-jalan di sekitar meja kerja. Sehingga perbandingkan antara duduk dengan berdiri selama seharian seimbang, atau paling tidak beda tipis. Supaya tulang punggung tidak terlalu pegal dan berakhir dengan rasa sakit yang lumayan, jadi sesekali perlu berhenti dan bergerak sebentar.

Sakit punggung memang menjadi ancaman selama WFH, sebab selama di rumah seringkali para pekerja tidak ditunjang kursi kerja yang memenuhi standar. Supaya tidak sakit punggung sebaiknya melakukan berbagai tips di atas.