Uang yang didapatkan sedikit banyaknya sudah pasti harus dikelola dengan baik. apalagi jika sekarang ini kita hidup di era milenial yang penuh dengan aktivitas dan konektivitas.

Medapatkan tekanan sosial dari berbagai sisi tentunya tak jarang akan membuat seseorang akan menjadi pribadi yang lebih konsumtif sehingga lupa bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik di tiap harinya.

3 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik di Era Milenial

Kiat Mengelola Keuangan dengan Baik

Sebenarnya, tidak hanya hidup di era milenial saja yang uang harus dikelola dengan baik. Hidup di zaman apapun, uang yang dimiliki harus diatur dengan sedemikian rupa agar segala kebutuhan dapat terpenuhi nanti.

Hindari melakukan kegiatan yang konsumtif jika Anda tidak ingin terjebak dalam hidup yang sengsara. Berikut ini, ada beberapa cara mengelola uang dengan baik untuk Anda yang hidup di era milenial, seperti:

1. Mengatur budgeting keuangan

Cara mengelola keuangan pertama adalah mengatur budgeting keuangan dengan baik. Jika Anda sudah mendapatkan uang gaji bulanan, silahkan sisihkan untuk konsumsi, cicilan, tabungan, investasi, asuransi dan jangan lupa juga untuk dana sosial.

Jika Anda memiliki cicilan yang harus dibayarkan di tiap bulan, Anda harus sadar bahwa arus keuangan yang baik adalah jika cicilan tidak melebihi 1/3 dari pendapatan yang Anda terima. Jadi, misalnya Anda memiliki gaji tiap bulan sebesar 10 juta, maka cicilan yang harus Anda keluarkan di tiap bulan maksimal 3 juta tidak boleh lebih.

2. Menyediakan dana untuk hal-hal yang darurat

Di era milenial seperti sekarang ini, tentunya tidak akan ada yang tau apa-apa yang terjadi nanti. Karena itu, sediakan dana darurat setiap bulan karena itu sangat penting untuk memenuhi kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga nanti.

Dana darurat bisa digunakan untuk ban bocor, dana karena Anda kehilangan pekerjaan dan sebagainya. Jika Anda tidak memiliki dana darurat, tentu resiko untuk berhutang akan tinggi nanti.

Jika Anda belum memiliki tanggungan, Anda bisa sediakan dana darurat selama 2 sampai 3 bulan nanti. Tapi jika sudah ada tanggungan, dana darurat harus disisihkan dari gaji Anda setiap bulan sampai 12 bulan lamanya.

3. Untuk Berinvestasi

Jangan lupa, ketika Anda ingin uang yang Anda miliki terkelola dengan baik, Anda bisa memulai berinvestasi sehingga uang yang Anda miliki akan bertambah nanti.

Selain ditabung, tidak ada salahnya sisa uang yang ada digunakan untuk berinvestasi karena tingkat imbal hasil yang akan Anda dapatkan akan sangat besar nanti.

Jadi itulah tadi beberapa kiat mengelola keuangan Anda di tiap bulannya. Jika Anda pintar dalam mengelola keuangan, tentunya Anda tidak akan terjebak pada hutang ataupun pada kebutuhan yang akan mendesak nanti karena sudah ada dana darurat dan tabungan yang disisihkan di tiap bulannya.