Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang kini sedang berlangsung. Program ini sendiri digulirkan dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan untuk mempersiapkan diri mereka guna mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Bila dilihat dari antusiasme masyarakat, maka program kartu prakerja ini sangat diminati. Terbukti dengan jumlah peserta pendaftaran yang membludak. Lalu apa saja manfaat mengikuti program kartu prakerja tersebut?

Apa Saja Manfaat Mengikuti Kartu Prakerja

4 Manfaat Mengikuti Program Kartu Prakerja

Sebagaimana telah disampaikan di awal tadi bahwa kartu prakerja merupakan salah satu program dari pemerintah yang saat ini sedang dilangsungkan. Peserta pendaftarannya sendiri telah masuk pada gelombang 11.

Setiap WNI yang memiliki kesesuaian dengan persyaratan dapat mengikuti program ini. Ada beberapa manfaat jika kita mengikuti program kartu prakerja, sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mempersiapkan Diri dengan Mengikuti Pelatihan Kerja

Manfaat pertama dari program kartu prakerja adalah membantu setiap pesertanya untuk mempersiapkan diri mereka agar mendapatkan pekerjaan yang layak. Setiap peserta yang dinyatakan lolos tahap seleksi, diharuskan mengikuti pelatihan.

Jenis latihannya sendiri dapat disesuaikan dengan keinginan atau bidang yang digelutinya. Harapannya pelatihan tersebut dapat mempersiapkan kualitas diri peserta menjadi lebih baik.

2. Mendapatkan Bantuan Dana

Selain mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan kerja, peserta kartu prakerja juga akan mendapatkan bantuan dana. Besaran bantuan tersebut adalah Rp. 2.400.000 dan akan diberikan secara bertahap. Dana yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk mengikuti pelatihan kerja yang dipilih dan juga kebutuhan lainnya.

3. Mendorong Gairah Perekonomian

Manfaat ketiga yang perlu diketahui adalah kartu prakerja dapat mendorong gairah perekonomian. Sebagaimana yang diketahui bahwa hingga hari ini kita sedang berada dalam kondisi perekonomian yang sulit.

Sehingga dana yang diperoleh melalui kartu prakerja dapat menjadi suntikan untuk mendorong gairah perekonomian. Peserta dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga dengan hal ini akan terjadi transaksi jual-beli yang diharapkan mampu memberikan masukan positif pada roda perekonomian.

4. Memiliki Sertifikat Tambahan Kemampuan Bekerja

Manfaat terakhir jika mengikuti program kartu prakerja adalah memiliki sertifikat tambahan kemampuan bekerja. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kartu prakerja akan memberikan kesempatan kepada pesertanya untuk mengikuti pelatihan.

Bila telah selesai dari pelatihan itu, maka peserta memperoleh sertifikat khusus. Tentunya sertifikat ini akan memberikan nilai tersendiri ketika dalam persaingan sesama pelamar kerja.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka manfaat dari program kartu prakerja ini cukup besar. Apakah Anda tertarik untuk mengikutinya? Informasi seputar pendaftaran kartu prakerja sendiri dapat dilihat langsung pada website resminya.

Pastikan Anda mempersiapkan berkas persyaratan dengan baik dan mengikuti setiap prosedur yang telah ditentukan. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.