Dalam etika bisnis, para pebisnis harus bisa menentukan harga produk yang dijual atau ditawarkan. Namun, menentukan harga jual dari sebuah produk yang dijual bukan perkara yang mudah.

Kesalahan dalam menentukan harga produk akan berpengaruh terhadap hasil penjualan yang dilakukan. Untuk itu, sebelum menentukan harga produk, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan menentukan harga jual produk baru belajar cara menentukan harga produk.

Cara Menentukan Harga Jual Produk

Tujuan Menentukan Harga Jual Produk

Saat merancang sebuah produk yang akan dijual, produsen harus menghubungkan strategi secara menyeluruh. Ini penting demi mengatasi stagnasi yang terjadi di dalam bisnis. Selain itu, Anda juga harus tahu jika harga jual produk harus ditentukan terlebih dahulu dengan tujuan sebagai berikut:

1. Menjaga produk agar tetap berkualitas

Tujuan harga jual produk ditentukan sejak awal adalah menjaga produk supaya tetap berkualitas. Jika Anda punya banyak pesaing yang kuat, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kualitas produk dan menentukan harga jual yang lebih murah dibandingkan kompetitor.

2. Menentukan harga jual serendah mungkin

Agar banyak konsumen tertarik dan membeli produk Anda, Anda harus menentukan harga jual serendah mungkin. Dengan begitu, permintaan pesanan akan meningkat dan kompetitor pun akan terpacu untuk melakukan hal yang sama.

3. Optimalkan keuntungan

Untuk para pebisnis yang ingin sukses dalam mengembangkan usahanya harus bisa menetapkan harga dengan memperhitungkan keuntungan yang diinginkan perusahaan.

Semakin besar keuntungan yang ingin didapatkan sudah pasti harga produk yang ditentukan juga akan semakin tinggi. Karena itu, sebaiknya pada saat menentukan produk, Anda harus perhitungkan daya beli dari konsumen Anda.

Cara Menentukan Harga Produk

Setelah paham dengan tujuan menentukan harga produk, maka Anda harus tahu juga bagaimana cara menentukan harga jual produk yang tepat. Berikut in beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti:

1. Membuat strategi yang tepat

Banyak pengusaha lebih memilih menaikkan biaya produksi agar untung yang didapatkan jadi lebih banyak. Padahal,Anda harus bisa melihat harga pasar dari produk yang Anda jual. Dan biasanya, harga lebih tinggi atau rendah dari pasaran akan tergantung pada keadaan yang ada.

2. Menggunakan harga pasar

Cara kedua adalah Anda bisa gunakan harga pasar pada produk yang Anda jual. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing menetapkan harga pada produk Anda. Tapi sebelum menerapkan harga tersebut sebaiknya hitung lagi apakah Anda akan mendapatkan untung dari harga yang ditetapkan.

3. Harga Grosir

Beberapa perusahaan akan lebih tertarik menjual produk secara grosiran. Karena penjualan yang dilakukan dalam jumlah besar dapat memberikan hasil yang lebih tinggi dan biayanya pun lebih rendah. Pada akhirnya, cara ini bisa mendongkrak penjualan produk Anda.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa menentukan harga produk yang Anda tawarkan. Jika sudah ada harga produknya, Anda bisa tanyakan ke konsumen yang menjadi target pasar Anda untuk menilai apakah harga yang Anda tawarkan terlalu mahal atau standar.