Bayangkan betapa malunya jika ketika berbicara dengan orang lain, ternyata mulut kita bau. Tentu hal ini akan membuat pembicaraan jadi terganggu terlebih lagi jika yang dibicarakan adalah sesuatu yang penting.

Bau mulut bisa datang kepada siapa saja meski Anda sudah menjaga kebersihan gigi dengan sangat baik seperti rutin menggosok gigi secara teratur.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena semua hal yang menyebabkan bau jadi tidak sedap adalah dari makanan yang kita konsumsi. Jadi Anda harus menghindari dari makanan-makanan penyebab bau mulut supaya berbicara dengan orang lain tidak lagi harus takut jika sedang mengalami yang namanya bau mulut.

Hindari Makanan-Makanan ini Jika Tidak Ingin Bau Mulut

Beberapa makanan Pemicu Munculnya Bau Mulut

Ada beberapa makanan yang dapat memicu munculnya bau tak sedap. Jadi Anda perlu menghindar dari beberapa makanan ini supaya tidak malu ketika berbicara dengan orang lain.

1. Bawang putih

Salah satu makanan yang dapat memicu munculnya bau mulut adalah bawang putih. Biasanya bawang putih menjadi bumbu dasar untuk membuat makanan nusantara.

Sebenarnya, bawang putih yang kita konsumsi akan meninggalkan bekas sulfatnya yang akan ada di lidah dan juga rongga mulut.

Dan ketika kita mengkonsumsi bawang putih, bawang ini nantinya akan ikut diserap ke dalam darah yang menyebabkan aromanya dapat mencapai paru-paru dan akhirnya keluar lewat mulut.

Itulah mengapa setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang putih di dalamnya, mulut kita akan mengeluarkan bau yang tak sedap.

2. Susu

Untuk Anda yang suka dengan berbagai makanan yang terbuat dari olahan susu, maka Anda perlu berhati-hati sebab susu menjadi salah satu makanan yang dapat memicu munculnya bau yang tak sedap di dalam mulut. Hal ini terjadi karena adanya bakteri alami di lidah memakan asam amino dari susu sehingga aroma yang tak sedap akan keluar dari mulut kita.

3. Daging merah dan telur

Biasanya, kedua jenis makanan ini juga disajikan ketika libur lebaran tiba. Biasanya kedua bahan tersebut akan dimasak menjadi opor, rendang, semur dan juga sup.

Telur dan daging merah mengandung protein tinggi dan apabila protein tersebut tersisa di lidah dan sela-sela gigi, hal itu akan membuat bakteri dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

4. Permen

Apakah Anda pernah mendengar saran untuk memakan permen supaya tidak bau mulut. Padahal, fakta yang sebenarnya adalah mengkonsumsi permen dapat merusak gigi dan memicu terjadinya bau di mulut.

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, bau mulut juga seringkali disebabkan karena faktor kesehatan yaitu air liur yang berkurang produksinya, kesehatan gusi yang buruk, kebiasaan merokok dan adanya gangguan saluran pencernaan yang dapat menjadi penyebab penyakit asam lambung atau maag.