Sebelumnya aktivitas kita terbatas di masa pandemi ini, tapi tidak bisa selalu begitu. Aktivitas harus tetap berjalan, mau tidak mau kita harus hidup berdampingan dengan virus corona.

Sudah saatnya kita terbiasa dengan new normal. Kita harus terbiasa dengan simbol-simbol yang selalu mengingatkan kita agar menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas.

Simbol New Normal di Area Umum

Pahami Simbol-simbol New Normal Ini

Masih banyak orang-orang yang belum paham dan tidak mengikuti simbol-simbol new normal. Maka tak jarang pula petugas melarang mereka masuk area tertentu, bahkan memberikan sanksi. Untuk meminimalisir penyebaran virus, Anda wajib memahami dan mengikuti simbol new normal berikut:

1. Garis Antrian Agar Tetap Menjaga Jarak (physical distancing)

Simbol garis berwarna cerah di atas lantai, bertujuan agar kita selalu menjaga jarak saat mengantri. Berdirilah tepat di atas garis yang telah ditentukan.

2. Jaga Jarak Saat Naik Angkutan Umum

Angkutan umum kini sudah bisa beroperasi lagi, tapi harus mengedepankan protokol-protokol kesehatan. Tanda silang pada kursi-kursi angkutan umum, bertujuan agar para penumpang menjaga jarak satu sama lain. Tanda silang berarti tidak boleh ditempati.

3. Pintu Keluar-Masuk Searah

Biasanya kita keluar masuk di satu pintu yang sama di tempat-tempat umum. Namun kini, fasilitas-fasilitas umum mulai menerapkan jalur khusus untuk masuk dan jalur khusus untuk keluar. Tujuannya untuk mencegah kerumunan dan orang-orang saling berpapasan.

4. Wajib Cuci Tangan

Sekarang masuk ke tempat-tempat umum wajib cuci tangan. Disiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di tempat-tempat umum.

5. Jaga Jarak Saat Naik Lift

Di dalam lift ada simbol panah atau bentuk sepatu untuk menunjukkan tempat dan arah Anda berdiri. Jangan diabaikan ya.

6. Tanda “X” di Escalator

Tanda X yang ditempatkan dengan jarak dua anak tangga, bertujuan agar orang-orang tidak berdekatan saat menaiki atau menuruni lantai menggunakan escalator.

7. Imbauan Kapasitas Maksimal di Dalam Ruangan

Untuk meminimalisir penyebaran virus, maka diberlakukannya pembatasan kapasitas, khususnya di ruangan tertutup seperti kantor, toko, mall, dan lainnya. Jika suatu saat petugas melarang Anda masuk, mungkin karena kapasitas ruangan sudah penuh.

8. New Normal Sign di Toilet

Di toilet pun ada tanda-tanda dan peraturan-peraturan yang harus ditaati. Jaga jarak dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun sebelum meninggalkan toilet.

9. Gunakan Masker di ‘Area Wajib Masker’

Selalu gunakan masker ketika memasuki ‘Area Wajib Masker’ , jika tidak Anda akan dilarang masuk atau dikenakan sanksi.

Jika Anda menyayangi diri Anda dan orang-orang yang Anda kasihi, jangan lupa tetap mengikuti protokol new normal saat sedang berada di area umum. Yuk, sama-sama kita perangi pandemi ini, semoga segera berakhir.