Sekarang ini, kegiatan promosi bisa dilakukan dengan melalui digital. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan media digital tentunya butuh influencer marketing untuk membantu melakukan promosi.

Influencer memiliki banyak manfaat dalam kegiatan berbisnis. Influencer sendiri adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh ke khalayak ramai. Influencer bisa saja selebritis, youtuber, blogger atau public figure yang dapat memiliki pengaruh penting didalam sebuah komunitas.

Manfaat Influencer Mempromosikan Produk

Manfaat Influencer Marketing dalam Kegiatan Promosi

Umumnya, influencer mempunyai banyak pengikut. Hal ini bisa dilihat dari jumlah followers di sosial medianya. Tapi, seseorang juga bisa dikatakan sebagai influencer apabila dapat mempengaruhi audience.

Dikarenakan influencer memiliki pengaruh yang besar, banyak pengusaha kini menggandeng para influencer dalam mempromosikan produk dengan harapan akan mempengaruhi tingkat penjualan dari sebuah produk.

Dengan fenomena ini jugalah kini muncul istilah baru yakni influencer marketing. Sementara untuk pengaruh influencer marketing di dalam melakukan kegiatan promosi adalah sebagai berikut:

1. Produk menjadi pusat perhatian

Jika Anda ingin membuat produk yang Anda miliki jadi pusat perhatian, caranya sudah pasti dengan menggandeng influencer yang telah terkenal mempromosikan produk Anda. Hal ini dikarenakan influencer memiliki banyak followers sehingga produk yang dipromosikan oleh influencer akan lebih mudah dikenal ke khalayak ramai.

2. Tingkat kepercayaan konsumen lebih meningkat

Influencer marketing juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan sebuah produk karena banyak konsumen lebih percaya dengan produk yang ikut dipromosikan oleh seorang influencer.

Mereka lebih percaya jika influencer mempromosikan sebuah produk dengan alasan influencer tersebut punya pengalaman dan juga keahlian dalam bidang tertentu. Dan banyak fakta yang membuktikan juga bahwa konsumen akan melakukan pembelian terhadap sebuah produk sesaat setelah melihat produk yang diposting oleh influencer.

3. Meningkatkan angka penjualan

Dengan semakin banyaknya orang yang tau dengan produk Anda, sudah pasti angka penjualan pun akan semakin meningkat. Meningkatnya penjualan ini bisa jadi karena pengaruh influencer marketing di dalam membantu mempromosikan produk Anda.

Karena, influencer memiliki kekuatan dalam mempengaruhi orang lain untuk ikut dalam memakai atau membeli sebuah hasil produksi.

4. Konsumen lebih banyak dijangkau

Jika dulunya pelaku usaha banyak yang melakukan promosi dengan meminta bantuan iklan, beda halnya sekarang. Pelaku usaha lebih memilih influencer untuk membantu mempromosikan produk lantaran pengguna media sosial sendiri lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang menonton tv atau membaca tulisan di media cetak.

5. Konsumen lebih dekat dengan produk Anda

Dan terakhir, dengan menggunakan jasa influencer yang sudah terkenal, tentu akan membangun kedekatan antara konsumen dengan produk Anda. Jadi disini Anda harus lebih jeli ketika memilih influencer yang akan mempromosikan produk Anda. Jadi disini Anda harus memilih influencer yang cocok dengan target pasar dari produk yang Anda jajakan.

Itulah tadi beberapa manfaat influencer marketing dalam mempromosikan sebuah produk. Dengan bantuan dari influencer, tentunya produk Anda akan lebih dikenal luas oleh khalayak ramai dan penjualan pun akan lebih meningkat lagi tentunya.