E-Commerce memang cukup menjadi primadona di masa kini. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kemudahan mengaksesnya hingga mendapatkan tawaran dari berbagai macam produk yang diinginkan.

Sebagai langkah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen di saat melakukan transaksi belanja, maka e-commerce mengambil sejumlah langkah. Apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Strategi E-Commerce Agar Belanja Secara Online Makin Aman

Sejumlah Langkah E-Commerce untuk Memberikan Rasa Aman Kepada Konsumen

Memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen di saat berbelanja merupakan hal penting yang harus dilakukan penyedia layanan e-commerce. Sebab jika terjadi kebocoran keamanan, maka sudah pasti akan sangat merugikan, tidak hanya bagi konsumen namun juga bagi perusahaan e-commerce tersebut.

Terkait dengan hal ini, maka ada beberapa langkah yang telah diambil oleh penyedia layanan e-commerce untuk memberikan rasa aman kepada konsumennya.

1. Menerapkan Sistem Berlapis

Langkah pertama yang dilakukan adalah menerapkan sistem keamanan berlapis. Semakin ketat sistem yang diterapkan, maka akan semakin kecil resiko kebocoran yang terjadi. Hal inilah yang dilakukan oleh penyedia layanan e-commerce. Mereka akan memastikan bahwa setiap data konsumennya selalu terjaga dengan baik dan aman.

2. Memberikan Edukasi Kepada Konsumen

Langkah selanjutnya yang diambil e-commerce adalah memberikan edukasi kepada konsumen. Mereka secara konsisten mengajak konsumen untuk turut serta dalam menjamin keamanan datanya. Salah satunya adalah dengan memberikan tips agar tidak menggunakan password akun yang terlalu mudah, seperti tanggal lahir.

3. Menghimbau Agar Konsumen Tidak Memberikan Kode OTP Kepada Siapa pun

Kode OTP pada dasarnya termasuk kode rahasia yang hanya boleh dimiliki dan diketahui oleh konsumen. Kode ini pun juga berkaitan dengan keamanan akun dan data yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pihak e-commerce juga menghimbau agar konsumen tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun.

4. Menyediakan Layanan Customer Service 24 Jam

Sebagai bentuk memaksimalkan layanan dan menjamin keamanan data, maka pihak e-commerce juga menyediakan layanan customer service 24 jam. Pihak penyedia e-commerce berharap agar konsumen dapat memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya.

Konsumen dapat segera menyampaikan informasi kapan saja jika menemukan suatu hal yang mencurigakan terkait aktivitas belanjanya, sehingga hal dapat meminimalisir risiko kerugian kedua belah pihak.

5. Menutup Akun Penjual yang Menyalahi Aturan

Sebagai bentuk tindakan tegas dan juga bagian dari sistem keamanan, maka pihak e-commerce juga memberikan aturan yang ketat kepada mitra penjualnya. Bagi akun yang kedapatan menyalahi aturan yang telah disepakati, maka akan segera dilakukan penutupan akun.

Itulah tadi beberapa langkah yang telah diambil dalam memberikan kenyaman dan keamanan kepada konsumennya. Walaupun demikian, selaku konsumen yang cerdas kita tetap berhati-hati dalam setiap melakukan transaksi.

Sebaiknya perhatikan betul jumlah transaksi dan tujuannya agar terhindar dari hal-hal yang merugikan, baik secara moril maupun materil.