Sejumlah daerah telah memberikan pelonggaran aturan PSBB atau bisa dikatakan saat ini tengah memasuki masa PSBB transisi guna bersiap untuk menghadapi era new normal. Tentunya, dengan pelonggaran aturan PSBB, masyarakat sudah bisa melakukan sejumlah aktivitas di luar rumah namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satunya adalah diperbolehkannya kembali masyarakat menggunakan sarana transportasi umum seperti ojek online. Bagaimana tips aman menggunakan layanan ojek online di era new normal?

Berikut Tips Aman Naik Ojek Online Saat di Era New Normal

Tips Aman Naik Ojek Online saat Era New Normal

Ojek daring atau lebih dikenal sebagai ojol (ojek online) memang sudah cukup melekat dengan aktivitas masyarakat di era modern. Namun, ketika pandemi corona seperti saat ini, meski sudah diberikan kelonggaran untuk memanfaatkan sarana transportasi umum yang satu ini, tentu tak bisa sama dengan sebelum pandemi datang.

Saat masa PSBB transisi menuju ke era new normal, ada berbagai kebiasaan yang memang berubah. Pastinya, siapapun yang akan menggunakan ojek online ataupun ojek pangkalan harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan karena hingga saat ini pun pandemi corona belum berakhir.

Bila Anda ingin tetap aman saat naik ojek online di masa pandemi seperti saat ini, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Masker Itu Wajib

Masker merupakan item wajib yang harus selalu Anda pakai ketika keluar rumah termasuk saat naik ojek online. Dalam hal ini, Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara tepat menggunakan masker supaya manfaatnya pun lebih optimal dalam mencegah penularan dan penyebaran virus. Pastikan tangan dalam kondisi bersih saat akan memakai masker. Demikian juga masker yang akan dipakai hendaknya dalam kondisi bersih.

2. Membawa Helm Sendiri

Biasanya tukang ojek online sudah menyiapkan helm bagi calon penumpangnya. Di era new normal, Anda sebaiknya membawa helm sendiri. Ini dilakukan supaya Anda bisa terhindar dari tertularnya virus. Bagaimanapun kita tidak pernah tahu siapa yang sudah memakai helm si tukang ojek sehingga dengan membawa helm sendiri pastinya jauh lebih aman dan nyaman.

3. Jangan Lupa Bawa Hand Sanitizer

Selain masker, item lain yang tak boleh ketinggalan di era new normal adalah hand sanitizer. Ketika memakai jasa ojek online, mungkin tanpa sadar Anda menyentuh permukaan benda yang bisa saja telah terkontaminasi virus. Inilah mengapa Anda perlu memakai hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Pilih hand sanitizer yang mengandung alkohol di atas 60% karena lebih optimal untuk membunuh virus.

4. Pilih Sistem Pembayaran Cashless

Uang merupakan salah satu benda yang sangat mungkin terkontaminasi dengan berbagai virus dan bakteri. Bila Anda ingin naik ojek online di masa pandemi corona seperti sekarang ini, maka Anda sebaiknya memilih pembayaran cashless atau transaksi elektronik. Jadi ketika Anda ingin pergi dengan menggunakan jasa ojek online, Anda sebaiknya tak lupa menyiapkan saldo untuk pembayaran selama perjalanan Anda.

5. Menghindari Berbicara

Berbasa-basi dengan tukang ojek pastinya merupakan hal yang wajar dilakukan. Namun, saat pandemi seperti saat ini, menghindari berbicara dengan orang saat berada di luar rumah akan lebih baik.

Meski saat ini melakukan aktivitas di luar rumah sudah bisa dilakukan termasuk menggunakan jasa ojek online, pastikan Anda tetap memperhatikan protokol kesehatan termasuk beberapa tips aman naik ojek online di era new normal.