Himbauan untuk tunda mudik merupakan salah satu langkah yang diambil pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona di tanah air. Seperti yang telah diketahui bahwa rata-rata masyarakat yang pulang kampung berangkat dari wilayah zona merah. Mereka berpotensi menjadi carrier (pembawa virus), yang apabila pulang ke rumah di daerah lain dapat menyebarkan covid-19 kepada keluarga dan tetangga sekitar.

Tahun Ini Tunda Mudik dengan Kereta Api

Jadwal kereta dibatalkan

Mendukung himbauan pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan untuk membatalkan sejumlah perjalanan kereta api guna mencegah semakin meluasnya wabah virus corona. Khusus wilayah operasional (Daop) 1 Jakarta, ada 44 jadwal kereta jarak jauh dari jakarta yang mengalami pembatalan.

Perjalanan tersebut dibatalkan mulai 1 April hingga 1 Mei 2020, terdiri dari:

  • Stasiun Gambir – 37 kereta api
  • Stasiun Pasar Senen – 27 kereta api
  • Stasiun Jakarta Kota – 3 kereta api

Bagi masyarakat yang ingin mengecek apakah perjalanannya juga dibatalkan atau tidak, dapat mengunjungi situs resmi PT KAI. Di sana sudah disediakan halaman khusus yang berisi informasi pembatalan KA, baik jarak jauh dan menengah, lokal maupun bandara.

PT KAI secara resmi mengucapkan permohonan maaf melalui akun Twitter mereka dan akan mengembalikan biaya tiket secara penuh pada calon penumpang yang terdampak oleh kebijakan pembatalan perjalanan. Klaim dana bisa dilakukan dengan pembatalan secara mandiri. Ada dua cara, yaitu:

1. Melalui KAI Access

Cara ini lebih disarankan untuk mengurangi antrian dan berkumpulnya calon penumpang di area loket stasiun. Langkah-langkah pembatalan tiket:

  • Buka aplikasi KAI Access dan masuk ke akun pengguna
  • Klik menu My Trips dan pilih kode booking untuk membatalkan tiket. Pembelian tiket melalui channel eksternal juga dapat dibatalkan lewat aplikasi ini.
  • Klik menu E-Ticket dan pilih pembatalan
  • Pilih nama penumpang. Jangan lupa berikan checklist pada halaman Syarat dan Ketentuan sebelum menyetujui proses pembatalan.
  • Memasukkan data rekening bank dengan benar untuk pengiriman uang kembali.
  • Konfirmasi pembatalan apabila data yang diberikan telah sesuai. Tekan tombol “Konfirmasi dan Lanjutkan” setelah yakin untuk melakukan pembatalan tiket.

Melalui pelayanan loket stasiun

  • Datangi loket pembatalan tiket dan isi formulir yang diberikan
  • Setelah semua data lengkap, serahkan kembali ke customer service dan tunggu dipanggil
  • Pengembalian uang tiket dilakukan di stasiun yang ditunjuk dengan membawa formulir pembatalan tervalidasi dan menunjukkan identitas asli.

Perlu diketahui bahwa, biaya pengembalian tiket penuh atau 100% hanya berlaku untuk calon penumpang yang jadwal keberangkatan keretanya dibatalkan pada masa darurat corona. Tidak ada pengalihan rute. Informasi ini bisa di cek di situs resmi PT KAI dan jumlah dana yang dikembalikan tidak termasuk biaya tambahan saat pemesanan. Apabila calon penumpang tetap ingin melakukan perjalanan, dapat melakukan pembelian tiket kereta api lain secara mandiri.