Saat ini, aplikasi messenger Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer dipakai oleh masyarakat. Tak heran bila para pelaku bisnis jualan pulsa pun semakin banyak yang memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai salah satu alternatif untuk bertransaksi. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya penyedia server pulsa yang menyediakan layanan transaksi Whatsapp bagi para penjual ataupun agen pulsa yang menjalin kerja sama.

Banyak pengguna smartphone lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi layanan messenger Whatsapp dalam berkomunikasi karena dinilai sangat praktis serta mudah dioperasikan dibandingkan layanan messenger lainnya. Tentunya, hal ini juga bisa menjadi salah satu solusi bagi para pelaku bisnis pulsa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut guna memudahkan layanan transaksi pulsa. Server pulsa yang menyediakan layanan transaksi pulsa ataupun transaksi lain dengan menggunakan aplikasi Whatsapp berharap bisa semakin mengembangkan bisnisnya menjadi semakin berkembang dan besar. Selain itu, dengan adanya layanan tersebut diharapkan pelayanan pengisian pulsa juga bisa dilakukan dengan lebih optimal sehingga kepuasan dan kepercayaan pelanggan pun akan semakin meningkat.

Meskipun layanan transaksi Whatsapp terlihat sangat praktis dan mudah untuk dijalankan, nyatanya masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis pulsa. Sebagai salah satu aplikasi messenger yang dijalankan dengan menggunakan data internet, kestabilan dan ketersediaan jaringan internet tentu sangat dibutuhkan untuk kelancaran dalam bertransaksi pulsa. Ini merupakan salah satu kendala yang tak bisa dipungkiri. Di sisi lain, kendala yang dihadapi penggunaan Whatsapp sebagai aplikasi layanan dalam bertransaksi pulsa adalah kendala pada server pulsa. Whatsapp Center yang mengalami gangguan akibat masalah pada server pulsa, maka ini tentu akan mengganggu kelancaran transaksi. Meski koneksi internet yang digunakan sangat lancar sekalipun, ketika server pulsa mengalami kendala maka ini mau tak mau akan mengganggu transaksi.

Kedua kendala tersebut menjadi hal yang harus dihadapi oleh penjual pulsa dengan menggunakan aplikasi messenger Whatsapp. Salah satu hal yang penting untuk dipahami adalah bagaimana mengetahui sumber masalah yang membuat transaksi pulsa menjadi terkendala apakah dari akun Whatsapp sendiri atau justru datang dari server pulsa. Bila Anda mencoba melakukan chatting melalui messenger Whatsapp dengan beberapa teman dan ternyata lancar sedangkan ketika melakukan pengecekan pulsa ataupun transaksi lain melalui Whatsapp gagal, ini berarti masalah ada pada Whatsapp server pulsa. kendala ni muncul bisa karena adanya maintenance ataupun gangguan lainnya.

Memanfaatkan layanan Whatsapp sebagai media untuk melakukan sejumlah transaksi pengisian pulsa ataupun lainnya memang cukup masuk akal, mengingat saat ini penggunanya pun sangat banyak. Namun demikian, penggunaan aplikasi ini juga memiliki sejumlah kendala yang harus dihadapi. Bila transaksi Whatsapp memang terlalu sering mengalami gangguan, tak ada salahnya bila menyiapkan alternatif lain untuk kelancaran transaksi pulsa Anda.