Dalam penjualan pulsa, Anda sebaiknya memahami bagaimana alur pendistribusiannya yaitu dari provider ke server lalu agen atau penjulan dan sampailah ke konsumen. Dari alur tersebut maka Anda tentu sangat paham bagaimana peran penting dari server pulsa itu sendiri. Tentunya, dengan posisi yang sangat penting dalam pengisian pulsa, menjalankan bisnis server mungkin akan menajdi pilihan bisnis yang cukup potensial. Anda bisa menyediakan pulsa untuk para agen yang nantinya didistribusikan kepada para konsumen. Namun demikian, Anda sebaiknya juga tidak terburu-buru untuk memutuskan dalam menjalankan bisnis ini. Anda perlu persiapan serta perencanaan yang matang. Selain itu, Anda sebaiknya juga memahami bahwa bisnis server sendiri memiliki beberapa risiko yang mungkin harus Anda hadapi nantinya.

Meskipun dalam alur pendistribusian pulsa, peran server pusla sangatlah penting. Namun ini bukan berarti dalam menjalankan bisnis tersebut akan semudah yang dibayangkan. Bagi para pemula ataupun yang baru akan memulai bisnis ini mungkin berlum memahami semua hal tentang usaha server tersebut. Dalam hal ini, Anda mungkin juga belum mengetahui bahwa ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi di dalam bisnis tersebut. Inilah mengapa Anda sebaiknya mencari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis tersebut supaya Anda pun bisa mengantisipasi segala risiko yang mungkin muncul. Hal ini penting supaya pengelolaan dan perjalanan operasional bisnis tersebut tetap berjalan lancar dan kerugian pun bisa diminimalisir. Hal yang penting untuk Anda ketahui adalah semakin besar server pulsa tersebut maka risiko yang mungkin muncul pun akan semakin besar pula.

Salah satu risiko yang mungkin dan seringkali terjadi dalam menjalankan bisnis server pulsa adalah kerusakan yang terjadi pada perangkat hardware padahal transaksi penjualan dan pengisian pulsa harus tetap berjalan selama 24 jam nonstop. Bila terjadi kerusakan pada hardware maka hal ini tentu secara otomatis akan menghambat proses transaksi.bila hal ini tidak segera mendapatkan solusi maka ini akan berpengaruh terhadap kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. Pelanggan pulsa seringkali tidak mau tahu tentang masalah-masalah teknik semacam itu. Yang mereka butuhkan pusla yang mereka beli segera masuk. Untuk mengantisipasi masalah hardware server maka Anda perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang PC sehingga bisa segera mengatasi masalah untuk mencegah transaksi terhambat. Bila Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang PC maka Anda tentu bisa merekrut seseorang yang jauh berpengalaman untuk segera mengatasi masalah yang timbul.

Selain itu, modal yang dibutuhkan dalam membangun server pulsa pun tidak bisa dikatakan kecil. Anda harus menyiapkan semua perangkat pendukung baik hardware ataupun software. Perangkat tersebut juga tak bisa dikatakan murah. Pemilihan perangkat yang digunakan untuk mendukung server pun sangat penting untuk diperhatikan. Inilah mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang sebelum Anda memutuskan untuk membangun bisnis tersebut.