Saat ini, bisnis server pulsa dinilai menajdi salah satu bisnis yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Hal ini memang cukup masuk akal karena melihat prospek cerah di bidang penjualan pulsa. Sebagaimana yang diketahui bahwa pulsa yang menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat modern seperti sekarang. Dengan besarnya pengguna ponsel yang pastiya juga membutuhkan pulsa, menjalankan bisnis di bidang penjualan pulsa dinilai menjadi sebuah bisnis yang sangat prospektif.

Meski demikian, Anda sebaiknya tak hanya ikut-ikutan dalam menjalankan bisnis tersebut. Anda harus memiliki bekal pengetahuan dan wawasan yang mamadai sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis. Salah satunya dengan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari bisnis server pulsa. Hal ini akan semakin meyakinkan Anda untuk memutuskan apakah Anda akan mengelola bisnis server atau tidak. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam bisnis server yang sebaiknya Anda ketahui.

Salah satu kelebihan dari bisnis ini adalah tersedianya produk yang sangat lengkap. Ketika Anda menjalankan bisnis sebagai server maka Anda akan mendapatkan fasilitas untuk semua operator dengan beragam produk pulsa di dalamnya. Hal ini tentu akan memberikan peluang besra untuk mendapatkan keuntungan.

Kelebihan lainnya adalah transaksi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Menjalankan bisnis server tidak mengharuskan Anda mengingat berbagai kode untuk mengisi pulsa. selain itu, aplikasi yang bisa digunakan untuk transaksi pun cukup beragam mulai SMS< Telegram, WA, YM, ataupun lainnya.

Untuk melakukan deposit dan mendapatkan stok pulsa pun sangat mudah. Anda tidak perlu membagi stok pulsa untuk masing-masing operator karena ketika Anda melakukan transaksi deposit maka saldo pulsa tersebut bisa digunakan untuk semua operator.

Saldo puls atidak ada kadaluarsa dan hangus sehingga ketika ada dan tidaknya transaksi bukanlah hal yang wajib Anda penuhi. Bisnis ini tak mengharuskan pelakunya untuk memenuhi target tertentu. Hanya saja, ketika Anda ingin mendapatkan untung besar maka Anda sebaiknya juga sering melakukan transksi.

Selain beberapa kelebihannya, ternyata bisnis server pulsa juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah ketika traffic tinggi maka seringkali mengganggu transaksi yang maka pulsa bisa saja tidak masuk, gagal terkirim, ataupun lainnya. Hal ini sangat wajar terjadi. Ketika traffic sedang padat dan transaksi pengisian puls dilakukan secara terus menerus maka hal ini bisa membuat proses pengisian pulsa mengalami masalah seperti gagal masuk. Ini tentu membuat saldo yang dibutuhkan konsumen tak bisa masuk ke nomor konsumen. Namun demikian, masalah ini bisa diantisipasi dengan meningkatkan kualitas software dan hardeware sehingga meski traffic sedang padat, proses transksi akan tetap lancar.

Kekurangan lainnya adalah adanya selisih harga antara pulsa sistem semua operator yang lebih mahal dibandingkan dengan pulsa dari chip masing-masing provider. Hal ini hendaknya perlu dipahami sebagai pelaku bisnis server pulsa sehingga Anda bisa tetap mengelola bisnis tersebut lebih lancar.