Seperti yang diketahui, bahwa tak sedikit orang yang berkeluh mengenai modal yang cukup besar dalam memulai sebuah bisnis server pulsa. Hal ini terjadi lantaran banyak orang yang takt ahu bahwa server pulsa dapat dibuat dengan cara yang cukup sederhana. Pasti kalian penasaran bukan bagaimana cara membuat server pulsa? Banyak orang yang bertanya mengenai hal ini, mulai dari orang yang baru ingin memulai bisnis bahkan bagi pelaku bisnis server pulsa itu sendiri. Untuk diketahui, cukup menyediakan 1 buah handphone dan kabel USB, tak lupa modem dan sebuah perangkat computer yang lengkap kita sudah bisa mulai melakukan bisnis server pulsa. Namun dengan syarat, kita harus dapat menguasai computer dengan baik, memiliki rasa ingin belajar dan kemauan yang Gigih. Jika tak menguasai computer kita tak mungkin bisa menjadi seorang pebisnis server pulsa.

Apa saja yang dibutuhkan dalam cara membuat server pulsa? Sebelum kita memulai bisnis ini, kita harus menyiapkan perangkat computer lengkap yang tak harus mahal harganya namun bisa mengoperasikan Windows XP saja. Lalu tak lupa koneksi internet, bisa modem dan WIFI yang bisa menyambungkan jaringan secara stabil. Dipersiapkan juga sebuah ponsel dan kabel datanya. Jika semua alat sudah tersedia, kita bisa memasang sebuah software pulsa di komputer tersebut. selain untuk kebutuhan diatas, siapkan juga UPS atau Uninterruptible Power Supply, dimana alat ini bisa kita pakai sebagai pencadang daya. Jikalau suatu saat listrik mati, si computer masih akan tetap menyala lantaran adanya daya yang ditopang oleh UPS ini.

Umumnya, software yang tersedia adalah software pulsa, stok Pulsa (Host to Host) serta modem wavecom single 2 unit. Dalam konteks ini, software akan dijalankan kemudian 2 modem bakal berperan sebagai pusat SMS serta sebagai pengirim SMS. Kalau untuk stok pulsa, biasanya akan menggunakan Stok H2H yang untuk semua operator. Tapi, bagi yang modalnya besar biasanya mereka yang sudah lama bermain server pulsa bakal menggunakan 5 buah modem wavecom single.

Kenapa harus pakai 5 modem? Sejatinya, server pulsa bisa dijalankan hanya menggunakan satu modem. Tapi, kalau dengan satu modem saja maka server berjalan dengan stok produk dari H2H murni. Masalanya yakni, tak tersedianya slot kartu untuk dipakai chip. Satu modem bakal dipakai untuk pusat SMS serta sebagai pengirim SMS. Jadi, lima unit modem yang diperlukan ini dipakai untuk 3 chip, 2 buah lagi dipakai SMS center dan pengirim SMS. Nah, untuk membuat server pulsa sendiri kita harus mempersiapkan modal di kisaran 3 hingga 10 juta. Semua ini tergantung kualitas dari server itu sendiri. Semakin lengkap, maka akan membutuhkan biaya yang semakin mahal.