Ada hal menarik dari HUT RI ke-75 tahun ini, yaitu dengan dikeluarkannya uang pecahan Rp. 75.000 yang merupakan edisi khusus. Berdasarkan situs resmi dari Bank Indonesia, penerbitan uang pecahan Rp. 75.000 pada tahun 2020 adalah wujud syukur dan untuk berbagi kebahagiaan dengan rakyat Indonesia.

Tema HUT RI tahun ini disematkan pada desain uang yang diterbitkan yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan serta menyongsong masa depan yang gemilang. Tentunya hal ini membuat masyarakat semakin antusias dalam menyambut peluncuran uang terbaru edisi khusus HUT RI ke-71 tersebut.

Antusias yang tinggi dari masyarakat terlihat dari penuhnya jadwal penukaran di situs pemesanan resmi BI. Sebelum melakukan penukaran uang, sebaiknya simak 5 hal terkait dengan uang baru RP. 75.000.

Uang Pecahan Baru Rp. 75.000 Kini Ramai Diburu

5 Hal Terkait Pecahan Rp.75.000 yang Ramai Diburu

Tentunya selain karena edisi khusus, ada beberapa hal lain yang unik dari pecahan Rp. 75. 000 yang akan dikeluarkan secara resmi pada HUT RI ke-75. Beberapa hal tersebut diantaranya:

1. Dicetak hanya 75 juta lembar

Ternyata, uang Rp. 75.000 tidak diedarkan secara bebas. Jadi pencetakan uang pecahan tersebut sangat terbatas yakni hanya 75 juta lembar. Uang tersebut bukan juga untuk tambahan likuiditas melainkan khusus untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Tentunya dengan jumlah yang terbatas akan membuat masyarakat berlomba-lomba dalam mendapatkannya.

2. Uang yang istimewa

Karena tujuan dari peluncuran uang Rp. 75.000 adalah untuk merayakan HUT RI ke-75 tentu membuat pecahan uang tersebut semakin istimewa. Bahkan sebagian orang memburu uang-uang edisi khusus atau juga yang memiliki nomor cantik. Tidak hanya masyarakat yang akan memburu uang pecahan terbaru tersebut tetapi juga para kolektor yang menganggap uang pecaran baru adalah kolektor istimewa terbaik yang harus dimiliki.

3. Penuhnya jadwal penukaran

Perlu diketahui juga bahwa saat ini jadwal penukaran pecahan 75 ribu juga penuh. Hal ini karena peluncurannya yang mendapatkan perhatian besar dari masyarakat. Situs web tempat pemesanan uang pecahan masih bisa diakses tapi pada saat jadwal penukaran berlangsung ternyata langsung penuh. Meski ada jadwal penukaran di tanggal yang lain, tapi penukaran belum bisa diakses.

4. Dijual dengan harga yang tinggi di platform belanja

Uang pecahan Rp. 75.000 pun kini banyak dijual dengan harga tinggi di beberapa e-commerce atau platform belanja online. Bahkan harganya pun bervariasi hingga mencapai 8 juta rupiah.

5. Tidak boleh disimpan didalam dompet

Penyimpanan uang edisi khusus 75 ribu juga tidak boleh disimpan didalam dompet. Melainkan penyimpanan harus dilakukan dengan benar dan jangan asal masuk ke dompet. Penyimpanan bisa dilakukan di dalam plastik nanti atau bisa juga disimpan dalam bentuk bingkai.

Uang baru pecahan Rp. 75.000 memang tengah menjadi perhatian besar masyarakat luas. Jika Anda ingin mendapatkan uang pecahan khusus tersebut bisa kunjungi website resmi BI langsung nanti.