Setelah sekian lama beraktivitas di rumah saja, sekarang tibalah saatnya kita menyambut new normal. Ini kabar baik bagi para traveller, yang tentunya telah merindukan traveling.

Traveling di Era New Normal,Catat Tipsnya

Traveling Boleh, Tapi Tetap Jaga Diri

Meskipun di era new normal sangat memungkinkan untuk bepergian, para traveller harus tetap menjaga diri. Para traveller harus mengedepankan aturan-aturan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Bagaimana bepergian di era new normal? Simak tips dari Corporate Strategic & Marketing Communication Best Hostels Indonesia, Juanito Alfa Nanlohy, yang dikutip dari ANTARA.

1. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen sesuai aturan pemerintah, sebelum memesan tiket atau memesan akomodasi. Jika ingin berpergian ke suatu daerah, cari dulu informasi terkait syarat dan ketentuan yang harus disiapkan jika bepergian ke daerah tersebut.

2. New Normal, New Rules

Cari tahu bagaimana peraturan dan protokol dalam berwisata. Peraturan itu bisa terkait pembatasan jumlah tamu, penggunaan masker, pembelian tiket, dan lain sebagainya.

3. Solo Traveling atau Staycation

Pilihlah akomodasi dengan fasilitas yang cocok untuk bersantai, tak perlu jauh-jauh pelesiran ke luar kota. Situasi pandemi bisa jadi membuat petualangan lebih seru dan menyenangkan.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Gunakan kendaraan pribadi agar terhindar dari kerumunan. Jelajahilah kota tempat tinggal anda dan cari tempat tempat unik yang belum pernah dikunjungi, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.

5. Hand sanitizer

Barang yang wajib dibawa adalah hand sanitizer, untuk menjaga agar tetap higienis. Siapkan juga tisu basah, tisu kering, sabun cair, disinfektan, obat-obatan pribadi serta rutin minum vitamin.

6. Bawa Peralatan Pribadi

Menggunakan peralatan sendiri adalah yang terbaik. Peralatan pribadi yang wajib dibawa adalah tempat dan alat makan, botol minum, sandal, serta handuk.

7. Gunakan Masker

Masker adalah barang yang wajib dipakai untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan dapat membantu terhindar dari debu dan polusi selama perjalanan.

8. Hindari Destinasi Ramai

Agar tak terjebak keramaian, usahakan datang lebih awal. Hindari keramaian, jika terlanjur, tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

9. Transaksi non Tunai

Meminimalisir penggunaan uang cash dalam bertransaksi, sebaiknya memanfaatkan sarana booking dan bayar online yang kini sudah banyak tersedia dan digunakan oleh tempat wisata. Uang adalah salah satu media penyebaran bakteri dan virus.

10. Istirahat yang Cukup

Istirahatkan mata dari gadget dan istirahatkan badanmu dengan tidur lebih awal setelah liburan.

Kita tidak pernah tahu kapan pandemi covid-19 akan berakhir. Dari sekarang kita harus membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat , termasuk saat traveling. Untuk anda para traveller, sudah siapkah anda dengan new normal?