Pandemi covid-19 tidak hanya memberikan dampak bagi kesehatan, namun juga pada aspek perekonomian. Banyak di antara kita yang merasakan kesulitan finansial sebagai akibat dari kehilangan penghasilan, diberhentikan dari pekerjaan, dan permasalahan ekonomi lainnya selama pandemi ini.

Agar permasalahan itu tidak meluas dan sampai ke kita, maka coba lakukan beberapa tips yang akan dibagikan berikut ini.

Tips Pengelolaan Keuangan di Tengah Pandemi

4 Tips Mengelola Uang Selama Masa Pandemi Covid-19

Pada dasarnya mengelola uang dengan benar merupakan suatu kewajiban bagi kita agar tidak terjerumus ke dalam permasalahan finansial.

Hal ini semakin penting dilakukan di masa pandemi, sebab kondisi perekonomian yang tidak baik. Agar dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan selama berada dalam masa pandemi, berikut beberapa tips yang dapat diperhatikan.

1. Hitung Jumlah Uang yang Dimiliki Sekarang

Tips pertama, Anda dapat menghitung terlebih dahulu jumlah uang yang dimiliki saat ini. Jumlah uang yang dihitung adalah uang cash maupun tabungan. Hitunglah secara benar agar Anda dapat mengetahui berapa besaran uang yang dimiliki, sehingga dapat memutuskan rencana yang tepat untuk menggunakan uang tersebut.

2. Buat Rencana Penggunaan Uang

Kedua, buatlah sebuah rencana penggunaan uang. Setelah mengetahui nominal uang yang dimiliki, maka cobalah untuk membuat rencana penggunaannya. Ketika membuat rencana ini, pastikan bahwa Anda mengutamakan kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya yang bersifat urgen.

Anda juga dapat menambahkan pelunasan hutang jika memang memiliki hutang piutang yang harus dilunaskan. Rencanakan penggunaan uang ini secara terperinci agar Anda dapat mengontrol diri dalam mengelolanya.

3. Hindari Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Tips ketiga yang juga tidak kalah penting adalah menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan. Barangkali sebelum adanya pandemi covid-19 ini kita dapat dengan leluasa dalam membeli barang yang diinginkan. Namun seiring adanya pandemi dan perekonomian tidak stabil, maka sebaiknya hal itu direm kembali.

Utamakan untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan untuk saat ini dan lakukan tindakan penghematan.

4. Coba Lirik Usaha yang Dapat Meningkatkan Penghasilan

Keempat, Anda juga dapat mencoba melirik jenis usaha yang sekiranya dapat meningkatkan penghasilan. Pandemi covid-19 ini mengharuskan kita untuk banyak menghabiskan waktu di rumah.

Tentunya hal itu dapat menumbuhkan kreativitas dalam memanfaatkan waktu di rumah untuk menambah penghasilan. Apalagi kini telah banyak tutorial menghasilkan rupiah dari rumah yang dapat dipelajari.

Paling tidak dengan menerapkan empat tips tadi kita semua dapat terbebas dari permasalahan keuangan selama masa pandemi covid-19.

Cobalah untuk mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya agar kita dapat survive dan juga memberikan kontribusi dalam perbaikan perekonomian. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan kita untuk semakin cerdas dalam mengelola keuangan yang dimiliki.