Handphone adalah alat elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi dan hampir semua orang memilikinya, bahkan alat ini selalu di bawa kemana saja akan pergi. Seperti sudah menjadi keharusan yang tersendiri dan terasa aneh jika tak membawa alat komunikasi yang satu ini jika berpergian. Lalu bagaimana jika di luar sana ternyata cuaca tidak mendukung, secara tiba-tiba hujan turun sementara tidak membawa alat pelindung hujan yang menyebabkan handphone yang dimiliki terendam air.

Tips Menyelamatkan Handphone yang Terendam Air

Tentunya bisa menyebabkan handphone tersebut tidak dapat menyala atau bahkan bisa rusak. Lalu bagaimanakah cara menanganinya? Berikut tips menyelamatkan handphone yang terendam air.

5 Tips Menyelamatkan Handphone yang Terendam Air

Jika sedang berjalan sambil bermain handphone dan tiba-tiba handphone tersebut terjatuh di genangan air tentu akan merasa sangat khawatir bukan? Apalagi jika ponsel tersebut tidak termasuk produk yang bisa tahan oleh rendaman air tentu akan sangat berbahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya pelajarilah tips menyelamatkan handphone yang terendam air berikut ini.

1. Segera matikan dan bongkarlah Handphonenya

Tips pertama sebagai langkah awal ketika handphone terjatuh di dalam air adalah segera ambil dan matikan, kemudian lepaslah baterai handphone, kartu memori, SIM Card, serta casing handphone tersebut. Tujuannya adalah agar komponen yang ada di dalam handphone tidak mengalami korsleting yang menyebabkan handphone tidak akan menyala lagi untuk selamanya.

2. Letakkan Handphone di dalam Beras

Ketika cara pertama diatas belum mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukanlah cara kedua berikut ini yaitu meletakkan handphone di dalam beras. Mengapa? Sebab beras bisa menimbulkan rasa hangat atau panas dalam kurun waktu yang lama. Rasa hangat pada beras dapat menyebabkan handphone menjadi kering kembali, biasanya cukup dengan waktu 12-48 jam saja dan ini tips ini cukup ampuh.

3. Menggunakan Vacuum cleaner

Adapun tips selanjutnya yang juga cukup ampuh untuk mengatasi handphone yang terendam air yaitu menggunakan alat penyedot debu (Vacuum cleaner). Caranya adalah nyalakan dan arahkan ke bagian-bagian yang terendam air sebab alat tersebut cukup kuat dan mampu mengeringkan dengan cepat.

4. Keringkan dengan bahan serap tinggi

Selanjutnya bisa juga mengeringkan dengan bahan ber serap air tinggi seperti tisu, handuk dan kain yang lembut. Caranya cukup mudah, hanya mengelap pada bagian handphone yang basah, yang terlebih dahulu telah dimatikan dan dibongkar sehingga mudah menangkapnya.

5. Gunakan silica gel

Kemudian bisa juga menggunakan silica gel atau bahan penyerap kelembaban dengan cara memasukkan perangkat bersama silica gel ke dalam wadah yang memiliki tutup yang rapat. Selanjutnya, letakkan dalam posisi yang memungkinkan air dapat keluar melalui celah perangkat handphone tersebut.

Tips-tips di atas cukup mudah untuk dilakukan jika handphone kesayangan terjatuh di dalam air yang tergenang. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.