Kesehatan itu mahal, begitulah pepatah mengatakan. Melalui pepatah ini dapat dipahami bahwa kesehatan itu sangat berarti dan penting untuk dijaga. Sebab ketika kesehatan telah menurun, maka akan ada banyak hal yang tidak dapat dilakukan.

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan kesehatan menurun, salah satunya adalah infeksi virus. Infeksi ini dapat terjadi di berbagai tempat, termasuk di rumah. Agar tetap aman dari infeksi virus selama di rumah, mari lakukan beberapa tips yang akan dijelaskan berikut.

Tips Menghindari Virus Saat Aktivitas di Rumah

5 Tips Menjaga Kebersihan Agar Terhindar dari Virus

Pada dasarnya virus dapat menginfeksi seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Sistem kekebalan tubuh ini dapat terganggu ketika kita tidak menjaga kebersihan dan kesehatan diri maupun lingkungan. Selain itu, supaya lebih efektif coba terapkan beberapa tips berikut ini.

1. Cucilah tangan setelah memegang alat-alat rumah

Meskipun sahabat berada di rumah saja selama pandemi tidak menutup kemungkinan virus tidak sampai ke rumah. Bisa saja virus akan menempel dari benda-benda yang baru saja dibeli ataupun keperluan seperti sembako yang baru saja dipesan dari pasar. Oleh sebab itu, jika telah memegang benda ataupun bahan-bahan pangan segeralah mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta air mengalir. Sehingga dengan begitu segala macam bakteri, kuman bahkan virus pun akan mati.

2. Selalu gunakan masker

Setiap beraktivitas di rumah seperti beres-beres rumah gunakanlah masker agar terhindar dari berbagai macam virus maupun bakteri. Meskipun virus tidak menular lewat udara, namun debu kotoran saat membersihkan rumah akan membuat sahabat menjadi flu. Sehingga daya tahan tubuh akan menurun dan itu sangat berbahaya untuk kondisi saat seperti ini.

3. Jangan sentuh area wajah ketika tangan kotor

Ingatlah bahwa jangan sentuh area wajah ketika tangan sedang kotor sebab itu akan memicu penularan virus. Virus Corona akan menyerang tubuh melalui mata, hidung dan mulut sehingga kita semua harus senantiasa menjaga area tersebut dari kotoran.

4. Etika bersin dan batuk

Biasanya ketika beraktivitas di rumah akan menyebabkan banyak debu beterbangan dan membuat sahabat menjadi bersin ataupun batuk. Selain menggunakan masker, sahabat juga perlu mengetahui etika saat bersin dan batuk. Ketika bersin dan batuk sebaiknya tutulah dengan siku bagian dalam atau gunakan tisu agar tidak menyebar ke anggota keluarga.

5. Bersihkan barang pribadi dengan desinfektan

Banyak sekali cara membersihkan barang pribadi dari kuman dan virus, salah satunya bisa dengan menggunakan desinfektan. Saat membersihkan peralatan tersebut, semprotkan desinfektan secara menyeluruh kemudian tunggu hingga 5 menit barulah keringkan.

Tips di atas merupakan tips menjaga kebersihan agar tetap terhindar dari wabah virus Corona selama beraktivitas di rumah saja. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan membangun masyarakat agar tetap menjalankan hidup sehat.