Hand Sanitizer, barangkali menjadi barang berikutnya yang populer di era pandemi covid-19 ini. Hand Sanitizer digunakan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus, khusus ketika memang harus beraktivitas di luar rumah. Saat ini produk hand sanitizer sendiri cukup beragam, namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara penggunaan Hand Sanitizer yang benar? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Tips Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Penggunaan Hand Sanitizer Sesuai dengan Petunjuk WHO

Sebagaimana telah dijelaskan di awal bahwa hand sanitizer dapat digunakan untuk mencegah penularan virus corona. Cairan ini dapat digunakan ketika tempat yang Anda tuju tidak memiliki fasilitas cuci tangan. Hand Sanitizer dengan kandungan alkohol 60% setidaknya dapat membantu membasmi kuman yang ada di tangan dengan cepat. , walaupun tidak berlaku pada semua jenis patogen.

Kandungan alkohol yang ada di dalam hand sanitizer akan memecah protein patogen dan menyebabkan gangguan pada metabolisme sel patogen. Alhasil ini membuat patogen tidak dapat bertahan dan akan musnah. Semakin baik kualitas dan kuantitas alkohol yang terkandung, maka akan semakin efektif pula penggunaan hand sanitizer tersebut. Selain itu, penggunaan hand sanitizer diketahui tidak akan menyebabkan patogen menjadi resisten.

Lantas bagaimana cara penggunaan hand sanitizer ini? Terkait penggunaannya sendiri, organisasi kesehatan dunia (WHO) telah memberikan penjelasannya. Berikut ini cara menggunakan hand sanitizer sesuai dengan petunjuk WHO.

1. Tuangkan Handsanitizer Ke Tangan

Pertama, Anda dapat menuangkan hand sanitizer ke tangan. Seberapa banyak? Tidak perlu banyak cukup sesuaikan dengan kapasitas tangan Anda.

2. Gosokan Ke Sela-Sela Jari

Setelah menuangkan handsanitizer, gosokan cairan ke sela-sela jari. Pastikan setiap sela mendapatkan cairan tersebut dapat membasmi kuman yang berada di area sela jari.

3. Gosokan Ke Ibu Jari dan Juga Ujung-Ujung Jari

Di samping sela-sela jari, handsanitizer juga harus digosokan ke area ibu jari. Lakukan gerakan memutar agak cairan itu merata. Kemudian pastikan pula bahwa ujung-ujung jari tangan juga mendapatkannya.

4. Luangkan Waktu Paling Tidak 30 Detik

Berapa lama aktivitas dengan hand sanitizer ini dilakukan? WHO menyarankan bahwa Anda menggosokkan tangan menggunakan hand sanitizer dalam kurun waktu 30 detik. Cukup singkat bukan? Jadi jangan sampai Anda melewatkan untuk menggunakan hand sanitizer, terlebih ketika beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana cukup mudah bukan cara penggunaan hand sanitizer yang benar sesuai dengan petunjuk WHO? Tentunya Anda harus mulai peduli untuk menggunakan hand sanitizer ini. Produknya susah ditemukan? Tenang Anda dapat mencoba membuat sendiri.

Bahan untuk membuat hand sanitizer sendiri terbilang mudah, yaitu 99% Alkohol dan gel lidah buaya. Tentunya kedua bahan ini cukup mudah ditemukan dan Anda pun dapat menggunakan wadah yang sesuai dengan keinginan. Campurkan alkohol sebanyak 2/3 cup dan gel lidah buaya sebanyak 1/3 cup. Aduk merata dan pastikan tercampur dengan baik, maka handsanitizer telah dapat digunakan.