Emosi pada anak merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Anak haruslah mendapatkan rasa kasih sayang yang cukup, sehingga akan membantu perkembangan dirinya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus mampu mengelola emosi anak dengan baik.

Terlebih ketika berada dalam suasana karantina akibat pandemi covid-19 ini. Pasalnya rasa jenuh/ bosan tentu akan menghampiri anak, mengingat mereka terbiasa melakukan berbagai hal tanpa harus karantina. Agar dapat membantu mengelola emosi buah hati Anda, coba perhatikan beberapa tips berikut.

Tips Mengelola Emosi Anak Selama Masa Karantina Covid-19

4 Tips Pintar Kelola Emosi Anak Saat Pandemi Covid-19

Pada dasarnya ketika berada dalam kondisi pandemi ini, maka tidak hanya anak yang akan mengalami dinamika emosi, namun juga bagi orang dewasa.

Tentunya sebagai orang dewasa di rumah, orang tua harus mengedepankan kepentingan anak, termasuk dalam mengelola emosi mereka. Berikut ini beberapa tips hebat yang dapat coba dilakukan untuk membantu kelola emosi anak.

1. Tunjukan Sesuatu yang Baik Kepada Anak

Sejatinya di dalam keluarga anak belajar dengan cara meniru pola perilaku orang tuanya. Bahkan menurut ahli kebiasaan meniru ini telah ada sejak anak berada di dalam kandungan. Oleh karenanya orang tua haruslah dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi anak. Kenalkan kepada mereka sesuatu yang baik melalui perilaku sehari-hari.

2. Coba Kenali Kondisi Emosi Anak

Tips kedua adalah orang tua harus mampu mengenali kondisi emosi anaknya. Sebagaimana dikatakan di awal tadi bahwa emosi pada saat karantina covid-19 memang dapat mengalami dinamika (naik-turun).

Orang tua harus cerdas untuk mengetahui bagaimana kondisi emosi anak saat ini. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab menentukan bagaimana cara orang tua mengatasinya.

3. Membantu Menenangkan Anak

Anak rewel dan serba salah? Barangkali hal ini pernah Anda temukan di rumah. Tentunya tidak jarang Anda pun juga merasakan kejenuhan akan hal itu, sehingga ikut mengalami lonjakan emosi. Namun ingatlah, Anda adalah orang dewasa yang akan ditiru oleh anak.

Hal yang seharusnya dilakukan adalah membantu menenangkan anak dalam kondisi rewel. Anda dapat mencoba memeluknya, mengelus pundak, maupun mengajaknya bicara untuk mencari solusi yang tepat.

4. Ajak Melakukan Sesuatu Hal yang Disukainya

Hal lain yang juga akan membantu orang tua dalam mengelola emosi anaknya saat pandemi ini adalah mengajak buah hati untuk melakukan suatu hal yang disukainya.

Mengingat akan ada banyak waktu bersama anak di rumah, maka gunakanlah untuk bermain bersama mereka. Lakukan kegiatan yang mereka sukai, sehingga mereka pun akan merasa kasih sayang yang cukup pada dirinya.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat diperhatikan bagi orang tua dalam mengelola emosi anak pada masa karantina pandemi covid-19. Jangan lupa lupa untuk mengenalkan bahaya pandemi ini kepada anak dan cara yang tepat untuk mencegah penularannya.