New normal telah diberlakukan di berbagai daerah Indonesia yang terkena dampak penyebaran virus COVID-19. Beberapa tempat wisata pun dibuka kembali secara umum untuk dapat dikunjungi.

Namun tentulah para pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan agar tidak tertular virus yang sampai saat ini masih terus mewabah.

Tips Berwisata Agar Tetap Aman Dari Penularan COVID-19

5 Tips Berwisata Agar Tetap Aman Dari Penularan Covid-19

Berwisata di tempat alam terbuka seperti pantai, pegunungan merupakan wisata yang banyak digemari oleh banyak orang. Pasalnya berwisata dengan dapat melihat al secara bebas merupakan kegemaran banyak orang.

Lalu bagaimana cara kita akan berwisata di tengah pandemi ini? Berikut beberapa tipsnya agar tetap aman berwisata selama COVID-19 masih mewabah.

1. Membawa surat kesehatan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berwisata adalah memastikan bahwa tubuh Anda sedang sehat-sehat saja. Lakukan pemeriksaan dengan melakukan tes kesehatan sebelum berkunjung di tempat wisata agar pihak pengelola tempat wisata bisa dengan yakin mengizinkan anda masuk.

2. Memakai masker

Jangan lupa selalu menggunakan masker saat telah berada di lokasi pariwisata. Gunakan terus masker anda, jangan lepas pakai agar Anda dapat terus terhindar dari penyebaran virus. Sebab ketika berada dilingkungan yang banyak dikunjungi oleh orang-orang maka Anda tidak bisa mengetahui mana yang benar-benar sehat dan sakit.

3. Membawa sabun/ hand sanitizer

Bawalah peralatan kesehatan lainnya seperti sabun pencuci tangan/ hand sanitizer agar setiap memegang sesuatu langsung dapat membersihkan tangan. Jangan meminjamkan handsanitizer kepada orang yang tidak dikenal atau orang yang berasal dari kelompok lain, artinya mereka tidak datang bersama Anda.

4. Tidak berkumpul dengan orang lain

Setelah sampai di lokasi wisata, berkumpul dan berinteraksi lah hanya sebatas kelompok Anda sendiri. Jangan berinteraksi ataupun berkumpul dengan orang-orang yang berada di sekitar.

Sebab itu akan sangat mudah menularkan Anda virus yang berbahaya tersebut. Oleh sebab itu, tetap waspada dan hanya berinteraksi dengan satu anggota keluarga Anda saja.

5. Membawa makanan dan minuman sendiri

Tips terakhir agar lebih aman dari penularan wabah COVID-19 adalah selalu membawa makanan serta minuman sendiri ketika berwisata. Anda sebaiknya tidak membeli makanan dan minuman yang disajikan secara bebas, sebab kita tidak tahu bagaimana sanitasi makanan serta minuman yang diperjual belikan tersebut.

Demikianlah sahabat, tips-tips yang bisa Anda lakukan jika ingin pergi berwisata di tengah pandemi ini agar tetap aman dari penularan virus COVID-19. Tetap jaga kesehatan dan jika tidak terlalu penting sekali sebaiknya tetaplah di rumah saja.