Puasa ramadhan memang menjadi salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh muslim. Namun khusus di tahun ini, suasana puasa ramadhan harus dilalui dengan perjuangan melawan pandemi virus corona. Tentunya muslim pun dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yang saat ini dan berusaha untuk tetap melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Agar puasa dapat lebih optimal, maka mari simak beberapa tips berpuasa ramadhan selama masa pandemi virus corona berikut ini.

Tips Berpuasa Ramadhan Selama Masa Pandemi Virus Corona

4 Tips Puasa Ramadhan Agar Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19

Adanya pandemi virus corona janganlah sampai menyurutkan semangat untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Sebab kesempatan untuk berpuasa di bulan suci ramadhan ini belum tentu dapat terulang kembali di tahun berikutnya. Oleh karena itu, mari manfaatkan kesempatan ramadhan ini untuk melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Berikut akan dibagikan sejumlah tips berpuasa agar tetap sehat selama pandemi covid-19 ini.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Tips pertama yang dapat diperhatikan adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Ketika melaksanakan ibadah puasa di siang hari, maka sudah pasti akan ada banyak cairan tubuh yang hilang, terlebih jika harus bekerja. Oleh karena itu, cairan tubuh tersebut harus dapat tergantikan dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup. Pastikan ketika berbuka dan sahur air putih ada dalam setiap menu, serta dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

2. Perbanyak Mengonsumsi Buahan dan Sayuran

Buahan dan sayuran sejatinya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Melalui buah dan sayuran, kita dapat membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah buah dan sayuran secara teratur selama bulan suci ramadhan ini. Sebab selain dapat mengenyangkan, hal itu pun akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

3. Menjaga Pola Tidur

Tips ketiga yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan selama berpuasa di tengah pandemi ini adalah menjaga pola tidur. Biasanya ketika berpuasa di bulan ramadhan, maka akan terjadi perubahan jam tidur. Sebab setiap orang akan bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur. Agar puasa dapat dijalani dengan sehat, maka pastikanlah bahwa tubuh memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Sehingga dengan demikian, kesehatan tubuh pun dapat terus terjaga.

4. Menambahkan Suplemen Ke Dalam Menu

Tips keempat yang juga dapat diperhatikan adalah menambahkan suplemen ke dalam menu berbuka maupun sahur. Suplemen ini bertujuan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit. Agar mendapatkan suplemen yang tepat, maka ada sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu bersama dokter. Paling tidak suplemen yang mengandung vitamin C dan D dapat menjadi pilihan dalam rangka menjaga sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah beberapa tips berpuasa di tengah pandemi virus corona kali ini. Semoga tips-tips dapat bermanfaat dan mendukung pelaksanaan ibadah puasa kita semua. Selamat berpuasa.