Seiring dengan merebaknya covid-19 di indonesia, maka muncullah pula gerakan kemanusiaan yang dikenal dengan istilah donasi. Banyak diantara masyarakat indonesia yang tergerak untuk turut serta membantu proses penanganan covid-19 ini.

Di antaranya ada yang menyumbangkan perlengkapan medis seperti ADP dan ada pula yang mencoba mengambil sejumlah uang. Apakah Anda juga ingin melakukan hal yang sama? Jika iya, mari simak beberapa tips aman ikut donasi dalam membantu penanganan covid-19 berikut ini.

Tips Aman Ikut Donasi dalam Membantu Penanganan Covid-19

4 Tips Melakukan Donasi Covid-19 Secara Aman

Jika diperhatikan maka donasi dalam rangka penanganan penyebaran covid-19 ditanah memang sedang banyak dilakukan. Para inisiatornya pun berasal dari berbagai kalangan, ada berlatar belakang artis, influencer, bahkan media massa. Agar Anda tidak salah dalam melakukan donasi, coba perhatikan beberapa tips berikut.

1. Pilih Tempat Donasi yang Terpercaya

Tips pertama yang dapat diperhatikan adalah memilih tempat donasi yang terpercaya. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini begitu banyak kalangan yang melakukan inisiasi donasi covid-19. Agar donasi yang diberikan benar-benar tertuju pada penanganan kasus covid-19, maka pilihlah tempat donasi yang benar terpercaya.

2. Lakukan Donasi Sesuai dengan Kemampuan

Tips selanjutnya adalah melakukan donasi yang sesuai dengan kemampuan. Tentunya memang banyak hal yang diperlukan untuk mengatasi penanganan virus corona ini . Terlebih di bidang medis yang memang menjadi ujung tombak dari penanganan kasus tersebut. Hal yang dapat Anda lakukan adalah berdonasi sesuai dengan kemampuan. Jika memang mampu melakukan donasi dalam bentuk peralatan medis tentu itu sangat baik. Namun berdonasi melalui sejumlah uang pun tidak mengurangi esensi dari nilai semangat kebersamaan yang dibangun.

3. Jangan Mudah Terpercaya Atas Pihak Mengatasnamakan Pemerintah

Hal penting lainnya yang perlu diwaspadai adalah jangan mudah percaya terhadap pihak yang mengatasnamakan pemerintah. Saat ini donasi yang banyak dilakukan berasal dari kalangan di luar pemerintah. Oleh sebab itu, jika ada pihak yang mengajak berdonasi dengan mengatasnamakan, sebaiknya telusuri lebih lanjut tentang kebenarannya. Jangan sampai niat baik untuk ikut membantu penanganan covid-19, justru berakhir di kasus penipuan.

4. Tiada Salahnya Berdonasi Kepada Lingkungan Sekitar

Tips keempat yang juga dapat diperhatikan adalah mencoba berdonasi kepada lingkungan sekitar. Penyebaran covid-19 ini memang telah memberikan dampak bagi tatanan kehidupan manusia, terlebih ketika mulai berlakunya pembatasan di beberapa darah. Tentunya pembatasan itu membuat ruang gerak masyarakat terbatas, sehingga akan ada anggota masyarakat yang berada dalam kesulitan. Anda dapat mencoba melihat peluang itu untuk turut serta membantu antar sesama. Sebab dengan begitu Anda pun juga telah ambil bagian dari penanganan kasus corona.

Itulah tadi beberapa tips aman ketika ingin melakukan donasi dalam rangka membantu penanganan virus corona di tanah air. Tentunya menjadi harapan bagi kita semua bahwa virus ini akan segera berakhir dan kehidupan dapat berjalan seperti sedia kala.