Mengikuti sensus pendudukan merupakan hal yang wajib dilakukan, sebab akan membantu negara dalam mendata setiap warganya. Melalui sensus ini pula negara akan memiliki data yang tepat dalam merealisasikan program kerjanya.

Beberapa bulan lalu tepatnya Februari 2020, pemerintah melalui BPS telah menyelenggarakan Sensus Penduduk Online 2020. Sensus online tersebut secara resmi telah berakhir pada tanggal 29 Mei 2020. Namun ternyata masih ada masyarakat yang terlambat mengikutinya. Lantas apa solusi bagi mereka yang terlambat tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Solusi Terlambat Sensus Penduduk Online 2020

Sejumlah Hal Tentang Sensus Penduduk Online 2020

Sebagaimana telah dijelaskan di awal tadi bahwa sensus penduduk online baru saja berakhir pada akhir Mei 2020. Namun ternyata tetap masih ada anggota masyarakat yang belum melakukan sensus. Apakah Anda juga termasuk salah satu di antaranya? Tenang coba perhatikan dulu beberapa hal berikut.

1. Sensus Penduduk Dilakukan 1 Kali dalam 10 Tahun

Pertama, Anda perlu mengingat kembali bahwa sensus penduduk tidak setiap tahun dilakukan oleh pemerintah. Berdasarkan mekanismenya, sensus penduduk dilakukan sebanyak 1 kali dalam 10 tahun. Jika berkaca pada sensus online 2020 ini, maka telah ada sebanyak 50 juta lebih anggota masyarakat yang telah mengikutinya.

2. Bagi yang Telat, Dapat Mengikuti Sensus September 2020

Bagi Anda yang memang telat atau baru menyadari adanya sensus penduduk online, maka tidak perlu khawatir berlebihan. Anda akan tetap memiliki kesempatan mengikuti sensus pada periode September 2020. Hanya sistemnya tidak lagi secara online, melainkan melalui ketua RT masing-masing. Pemerintah akan melakukan kerja sama bersama RT di setiap daerah untuk mendata warganya yang belum mengikuti sensus online 2020.

3. Penghematan Anggaran, Sensus Tidak Dilakukan Melalui Wawancara

Berdasarkan rencana sensus penduduk yang telah ditetapkan, maka ada mekanisme wawancara yang harus dilalui peserta sensus. Namun mengingat saat ini sedang terjadi penghematan anggaran di BPS, maka sensus penduduk tidak dilakukan melalui sistem wawancara sebagaimana lumrahnya. Oleh karena itu, pemerintah akan menggandeng RT dalam membantu proses sensus penduduk di bulan September mendatang.

4. Sensus Online Akan Kembali Dibuka pada Tahun 2021

Sensus online 2020 telah berakhir, lantas kapan akan dibuka kembali? Barangkali pertanyaan ini sempat terlintas di benak Anda. Perlu diketahui bahwa pemerintah akan kembali membuka sensus penduduk secara online pada tahun 2021. Namun berdasarkan informasi yang didapat, sensus yang akan datang memiliki sejumlah pertanyaan yang lebih kompleks dibadingkan sensus tahun 2020 ini.

Jadi kesimpulannya, bagi Anda yang memang belum mengikuti sensus penduduk online periode lalu, maka dapat mengikuti sensus penduduk (manual) pada periode September 2020. Jadwal kepastian masih menunggu konfirmasi dari BPS. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti sensus penduduk online yang akan diadakan tahun depan.