Tatanan hidup manusia berubah total semenjak adanya pandemi virus corona. Tidak hanya harus menggunakan masker dan jaga jarak saat keluar rumah, tapi masih ada banyak lagi sederet aturan yang perlu dipatuhi.

Untuk Anda yang ingin bepergian, jangan lupa untuk rajin mencuci tangan, tidak memegang wajah saat tangan dalam keadaan kotor. Sebelum new normal diberlakukan, masyarakat diharuskan untuk berada di rumah hingga berbulan-bulan, pastinya hal ini akan sangat membosankan. 

Tetapi, semenjak penerapan new normal, orang-orang dapat bepergian lagi tapi tetap dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Simak Aturan New Normal Sebelum Bepergian

Aturan protokol kesehatan yang harus dipatuhi

Ada banyak sekali aturan protokol kesehatan yang harus dipenuhi untuk Anda yang ingin bepergian baik menggunakan jalur darat, laut maupun udara.

Termasuk juga untuk Anda yang ingin bepergian ke luar kota atau juga ke luar negeri. Dengan adanya aturan-aturan yang diberlakukan, tentu persiapan bepergian atau travelling pun jadi lebih berbeda.

Apalagi sampai harus membuat surat keterangan sehat terlebih dahulu, harus lolos rapid test atau swab test. Bahkan, kapasitas untuk pesawat pun juga dibatasi.

Gaya liburan yang berbeda

Bukan hanya mempengaruhi persiapan pada saat bepergiannya saja, gaya liburan pun akan sangat berbeda pada saat new normal. Orang-orang akan lebih memilih berlibur secara solo atau tidak melibatkan orang banyak untuk berlibur.

Dan referensi untuk liburan pun akan bergeser jadi hiburan yang akan dicari adalah hiburan yang tidak ada orang banyak di dalamnya. Selain itu, pada saat bepergian, Anda juga harus lebih peduli dengan kesehatan dan keselamatan diri sendiri.

Jika ingin membuat kesehatan dan keselamatan lebih terjamin, sebaiknya gunakan asuransi pada saat travelling. Sebenarnya, asuransi kesehatan sendiri sudah ada sejak lama tapi kesadaran masyarakat terhadap kesehatan baru meningkat setelah adanya pandemi beberapa bulan terakhir ini.

Yang dulunya tidak memperhatikan kesehatan dan keselamatan diri sekarang lebih peduli. Hal ini bisa terlihat dari semakin banyaknya orang yang menggunakan asuransi kesehatan pada saat bepergian.

Bepergian pada era new normal seperti sekarang ini boleh-boleh saja dengan tetap perhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Tidak hanya di Indonesia saja adanya protokol kesehatan ketika bepergian, tapi aturan tersebut bahkan telah diterapkan di berbagai negara yang ada di dunia.

Karena pandemi sendiri bukan hanya terjadi pada satu negara melainkan hampir di semua negara di dunia ikut terdampak dari virus covid 19 ini.

Apabila Anda sayang dengan diri Anda dan juga sayang dengan orang-orang disekitar Anda, maka aturan protokol kesehatan sudah seharusnya diterapkan. Karena virus covid 19 dapat menjangkit kepada siapapun dan menular kepada siapapun juga. Selalu jaga kesehatan dan hindari kerumunan.