Performa dari perangkat komputer yang digunakan tentu saja tidak selalu bisa prima sejak sekian tahun digunakan. Umumnya semakin lama digunakan maka performanya akan menurun kecuali dilakukan perawatan yang tepat dan sesuai.

Selain itu penurunan performa juga bisa disebabkan pasca instalasi software tertentu atau mengubah suatu sistem. Apabila dialami, mungkin satu-satunya solusi adalah melakukan restore komputer tersebut.

Restore Komputer dan Alasan Kenapa Perlu Melakukannya

Apa Itu Restore Komputer?

Kegiatan restore komputer akan berhubungan dengan system restore yang merupakan suatu utility untuk mengembalikan konfigurasi komputer ke konfigurasi aslinya.

Secara sederhana kegiatan restore ini bisa diartikan sebagai proses untuk mengembalikan perangkat ke mode default yakni mode ketika pertama kali dibeli dan digunakan.

Efek dari kegiatan ini tentu saja mengembalikan performa dan tampilan komputer seperti saat pertama kali dibeli atau digunakan.

Namun sebelum melakukannya perlu melakukan beberapa persiapan, salah satunya adalah backup data. Yakni menyimpan semua data penting ke media penyimpanan lain, bisa di hardisk bisa pula di flashdisk jika kapasitasnya sesuai kebutuhan.

Hal ini perlu dilakukan sebelumnya karena semua data dan juga aplikasi maupun software lain yang diinstal ke komputer akan ikut hilang. Anda tidak akan bisa menemukannya di recycle bin maupun di partisi lain di komputer. Sebab baik dari bagian dalaman sampai tampilan sudah dikembalikan ke mode awal yang sifatnya standar.

Alasan Perlu Melakukan Restore di Komputer

Ada kalanya proses restore komputer ini dilakukan sampai beberapa kali dengan jeda waktu sekian bulan atau tahun. Jika kondisi perangkat komputer memang masih terbilang prima maka tidak tertutup kemungkinan perangkat ini bisa dipakai untuk waktu yang lama. Meskipun harus dilakukan restore sampai beberapa kali secara berkala.

Adapun alasan kenapa restore komputer perlu dilakukan adalah untuk berbagai tujuan berikut:

1. Mengatasi Problem

Perangkat komputer tentu tidak bisa terlepas dari suatu masalah, ada kalanya masalah ini bisa terselesaikan dengan mudah atau malah selesai dengan sendirinya. Namun ada kalanya pula perlu ditangani oleh ahlinya agar komputer bisa berfungsi dengan baik kembali.

Melakukan restore bertujuan untuk melakukan perbaikan atau mengatasi problem tersebut. Entah terjadi eror karena selesai menginstal sebuah aplikasi, melakukan perubahan di sistem, dan sebagainya.

2. Mengembalikan Performa

Jika komputer terasa lemot atau berjalan sangat lambat terutama untuk terhubung dengan internet. Beberapa orang memilih melakukan restore karena bisa dilakukan sendiri dan bisa menyelesaikan masalah ini dengan cepat, tidak sampai berjam-jam. Kecuali untuk proses instal ulang beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

3. Mengembalikan Kapasitas Partisi

Sering dihadapkan pada kapasitas partisi baik C, B, maupun E dan lainnya sudah berwarna merah? Jika menghadapi C sudah berwarna merah tentu perlu tindakan khusus tidak sekedar menghapus file di dalamnya. Ada kalanya melakukan restore menjadi penyelesaian paling tepat dan cepat.