Sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang merasakan jenuh dan bosan di rumah saja. Bahkan akibat dari rasa kejenuhan dan kebosanan menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi tidak nyaman dengan situasi ini. Namun, kita semua harus tetap di rumah saja agar pandemi ini berakhir. Berbicara tentang pandemi corona, di bawah ini beberapa prediksi berakhirnya pandemi corona tersebut.

Prediksi Kapan Berakhir Pandemi Corona di Indonesia

4 Prediksi kapan berakhirnya pandemi corona

Terlalu lama di rumah saja akibat wabah virus Corona menyebabkan banyak orang-orang yang bertanya kapankah pandemi ini akan berakhir. Sudah sangat rindu dengan suasana aman seperti biasanya, menjalankan aktivitas tanpa takut tertular virus yang sangat berbahaya. Terkait pertanyaan dari banyaknya orang tersebut, berikut ini ada beberapa prediksi kapan berakhirnya pandemi virus Corona tersebut.

1. 29 Mei 2020

Prediksi pertama terkait berakhirnya pandemi virus Corona adalah akan berakhir pada Mei 2020. Prediksi ini berdasarkan dari penelitian pakar statistika Universitas Gajah Mada (UGM). Penelitian ini menggunakan model probabilistik yang didasarkan pada data real atau Probabilistik Data – Driven Model (PDDM) Virus corona di Indonesia yang diperkirakan akan berakhir pada 29 Mei 2020.

2. April-Mei2020

Adapun prediksi lain terkait kapan berakhirnya pandemi corona dari Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM). Menurut Prof Amin Soebandrio, menyatakan bahwa wabah Corona diperkirakan usai pada pertengahan April hingga Mei 2020. Kemudian beliau juga menyatakan bahwa banyak yang membuat prediksi perjalanan wabah di Indonesia. Prediksi ini terbilang cukup sulit untuk dilakukan sebab penyebaran virus ini melalui banyak faktor.

3. 6 Juni 2020

Kabar yang cukup membahagiakan untuk masyarakat Indonesia yang datang dari negara tetangga yakni Singapura. Menurut penelitian terbaru dari Singapore University of Technology and Design (STUD) memprediksi virus corona akan berakhir di Indonesia pada 6 Juni 2020 dengan 97% kasus telah selesai. Kemudian, STUD juga memprediksi akhir virus corona untuk tingkat dunia yaitu sekitar pada 8 Desember 2020. Pada periode itu, dikatakan bahwa seluruh kasus corona sudah hilang dari muka bumi ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode matematika tipe susceptible-infected-recovered (SIR) yang diregresikan dengan data dari berbagai negara.

4. Mei – Juni 2020

Prediksi keempat tentang akhir dari pandemi virus ini adalah pada bulan Mei hingga Juni 2020. Seorang Guru Besar dari UGM menjelaskan bahwa akhir dari pandemi corona yang diperkirakan akan jatuh pada bulan April memiliki potensi untuk mengalami pergeseran. Hal ini dipengaruhi oleh perilaku masyarakat selama masa penanganan kasus corona di Indonesia.

Demikianlah beberapa prediksi kapan wabah virus Corona akan berakhir. Informasi ini tentu cukup membuat hati kita senang sebab harapan terbebas dari pandemi ini akan kita rasakan bersama-sama. Oleh sebab itu, tetaplah patuhi aturan pemerintah di rumah saja agar prediksi itu benar terealisasi.