Memiliki tabungan adalah impian setiap orang, apalagi setelah adanya musibah virus yang mewabah di seluruh dunia yang menyebabkan orang-orang kehilangan mata pencaharian. Sehingga adanya wabah ini menyebabkan setiap orang ingin memulai menabung sejak dini dan hal ini memang harus dilakukan terutama karyawan swasta.

Saat ini banyak sekali karyawan swasta yang tidak lagi memiliki pekerjaan disebabkan adanya pengurangan pegawai akibat menurunnya pendapatan perusahaan tempat bekerja. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi mereka memiliki tabungan. Berikut ini beberapa bukti pentingnya seorang karyawan memiliki tabungan.

Pentingnya Memiliki Tabungan Bagi Karyawan

4 Tujuan Memiliki Tabungan Bagi Karyawan

Tabungan memanglah seharusnya dimiliki oleh setiap orang, tidak hanya karyawan swasta saja, namun seluruh masyarakat Indonesia sangat dianjurkan untuk memiliki tabungan.

Sebab tabungan memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama disaat-saat seperti sekarang ini. Namun, kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tujuan utama para karyawan swasta memiliki tabungan yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

1. Dijauhkan dari hutang

Tujuan pertama seorang karyawan memiliki tabungan adalah agar dijauhkan dari hutang, sebab biasanya para karyawan memiliki hutang terhadap perusahaan tempat bekerja.

Apalagi memiliki kebutuhan yang mendesak, namun gaji belum juga turun maka langkah cepatnya adalah meminjam uang perusahaan dan nanti akan dicicil setiap awal gajian. Sehingga gaji yang diterima per bulannya tidak selalu full. Oleh sebab itu, sisihkanlah uang gaji setiap bulannya agar jika ada kebutuhan yang mendesak, Anda tidak harus meminjam uang perusahaan.

2. Menjaga kesehatan mental

Tujuan memiliki tabungan yang kedua bagi seorang karyawan adalah akan menjaga kesehatan mental sehingga saat bekerja akan selalu memiliki mood yang bagus. Apabila seorang karyawan memiliki banyak hutang maka hasil kerjanya tidak akan bagus sebab terbebani oleh hutang-hutang yang ada di perusahaan tersebut. Mental yang tidak sehat akan sangat mempengaruhi produktif kerja seseorang.

3. Siaga terhadap PHK

Seorang karyawan swasta tentu harus selalu berhati-hati dalam bekerja di suatu perusahaan sebab apabila pekerjaan tidak bagus ataupun terjadi sesuatu dengan perusahaan maka akan diberhentikan secara seketika saja. Dari sinilah kita dapat berpikir bahwa seorang karyawan swasta haruslah memiliki tabungan, agar jika terdampak PHK maka masih memiliki keuangan yang cukup sembari mencari pekerjaan lainnya.

4. Memiliki uang masa tua

Salah satu keutamaan menabung adalah memiliki uang semasa tua, begitu pula dengan para karyawan swasta yang tentunya memiliki masa akhir jabatan atau pensiun. Sehingga jika sejak dini telah memiliki tabungan maka jika masa pensiun telah datang tidak akan merasa khawatir. Sebab, memiliki tabungan yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tabungan tidaklah selalu berupa uang saja, namun investasi fisik maupun saham juga merupakan tabungan yang dapat kita gunakan saat diperlukan. Selain itu, memiliki tabungan juga akan menjamin kehidupan di masa tua, oleh sebab itu mari kita semua menyisihkan uang yang dimiliki sebagai tabungan untuk masa depan.