Hardware menjadi salah satu komponen krusial dari perangkat komputer, karena minusnya komponen ini membuat komputer tidak dapat digunakan.

Supaya komputer bisa digunakan pun sebaiknya tidak hanya menggunakan satu jenis atau dua jenis hardware. Melainkan memakai semua jenisnya, yakni totalnya ada tiga jenis dan berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Hardware, Jenis, dan Juga Fungsinya

Pengertian Hardware

Hardware bisa dikatakan sebagai komponen berfisik yang bisa disentuh karena sifatnya kasat mata. Komponen ini akan membentuk suatu perangkat untuk bisa disebut sebagai komputer. Sekaligus memastikan komputer ini bisa digunakan, dan memang jenisnya ada tiga yang semuanya saling berhubungan satu sama lain.

1. Jenis Hardware

Seperti yang sudah disampaikan sekilas di atas bahwa hardware memiliki tiga jenis utama, dan berikut adalah jenis-jenis tersebut:

2. Hardware Input

Jenis pertama adalah hardware input dan perangkat ini digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Data yang dimasukan kemudian akan diolah oleh hardware jenis lainnya.

3. Processing Device

Jenis berikutnya disebut processing device yang merupakan perangkat dengan fungsi memproses data yang dimasukan user lewat hardware input di poin sebelumnya.

4. Hardware Output

Jenis yang terakhir adalah hardware output yang merupakan perangkat keras komputer dengan fungsi menampilkan hasil data yang telah diolah oleh processing device tadi.

Ketiga jenis hardware tersebut akan saling berhubungan, dan jika salah satunya tidak ada atau mungkin eror. Maka proses pengolahan data dengan komputer tidak dapat dilakukan. Sebab bisa membuat komputer kehilangan fungsinya yakni tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Macam-Macam Hardware dan Fungsinya

Sedangkan untuk macam-macam hardware dari masing-masing jenis di atas memang cukup banyak. Berikut beberapa diantaranya yang terbilang jamak digunakan:

1. CPU

CPU atau Central Processing Unit disebut sebagai otak komputer sebab disinilah semua data diolah dan kemudian akan ditampilkan. Bentuknya sederhana dan kecil yakni berupa chip yang berbentuk segiempat.

2. Motherboard

Motherboard merupakan hardware yang menghubungkan dan mengendalikan semua elemen hardware di komputer. Sehingga bisa dikatakan jika hardware satu ini merupakan pusat koordinasi.

3. Monitor

Monitor merupakan jenis hardware output yang akan menampilkan hasil olah data dari CPU kepada user.

4. Speaker

Speaker juga termasuk ke dalam hardware output yang akan mengeluarkan suara dari beberapa jenis data yang diolah CPU, misalnya dalam format video maupun audio.

5. Keyboard

Merupakan hardware input yang digunakan untuk memasukan karakter dan menjalankan sejumlah fungsi dengan menekan tombol tertentu di permukaannya.

6. Mouse dan Touchpad

Menyempurnakan fungsi keyboard maka hadir mouse untuk PC dan touchpad untuk laptop. Perangkat ini memungkinkan user memilih sejumlah fungsi dan fitur yang tampil di layar komputer. Sebab berbentuk kursor yang bisa diarahkan user sesuai kebutuhan dan memberikan perintah dengan klik kiri maupun kanan.

Melalui penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa perangkat komputer tersusun atas banyak komponen hardware. Satu sama lain akan saling bekerjasama untuk memastikan komputer bisa berfungsi dengan baik.