Pemilik usaha penjualan pulsa sekarang ini sangat dimudahkan dalam menjalankan bisnisnya. Bagaimana tidak? Hanya dengan mengirimkan kode transaksi, nominal pulsa yang dipesan akan segera masuk ke nomor pembeli. Bahkan, kini transaksi jual beli pulsa dapat dilakukan menggunakan sebuah aplikasi sehingga prosesnya bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

Mengenal Cara Kerja Software Pulsa

Fitur-fitur dasar software pulsa

Dibalik kemudahan tersebut, ternyata terdapat sebuah system, biasa disebut software pulsa yang bekerja secara otomatis berdasarkan kode perintah yang diberikan. Alat inilah yang menghubungkan antara handphone atau aplikasi pemilik konter dengan berbagai macam provider dan PPOB untuk pembayaran tagihan atau token dari PLN, TV satelit, langganan internet dan telepon, dsb.

Sebuah usaha penjualan pulsa skala kecil, umumnya tidak perlu memusingkan masalah penggunaan software. Tapi, bagi pengusaha pulsa skala besar dimana ingin memiliki server sendiri, maka wajib untuk memiliki software pulsa yang handal. Ada banyak pilihan yang tersedia. Untuk memastikan transaksi bekerja secara efektif dan efisien, maka pilihlah software pulsa berkualitas dengan fitur dan versi sesuai kebutuhan.

Umumnya, semakin lengkap fiturnya, semakin mahal harga sebuah software pulsa. Berikut ini adalah paket fitur standar yang biasa ditawarkan oleh penyedia software:

1. Pembelian

Fungsi fitur ini untuk mencatat transaksi pembelian deposit dari server dan secara otomatis saldo pulsa akan bertambah.

2. Penjualan

Penjualan pulsa kepada konsumen akan tercatat dalam fitur ini dimana mencakup tanggal dan nominal transaksi. Kemudian, data tersebut akan terekam di master data dan membuat saldo pulsa berkurang.

3. Cetak struk

Fitur cetak struk biasa digunakan pada konter berskala besar atau server pulsa yang juga menyediakan layanan pembayaran tagihan dan cicilan (PPOB). Pencetakan dilakukan 2 kali, dimana lembar pertama diberikan kepada konsumen, dan lembar kedua dijadikan dokumentasi penjual untuk keperluan pembuatan laporan keuangan usaha.

4. Laporan

Laporan ini biasanya disajikan dalam bentuk grafik dan menampilkan catatan penjualan pulsa dalam periode berbeda mencakup harian, bulanan dan juga tahunan.

Selain karena tujuan pengoptimalan kinerja server, memilih software dengan fitur tepat juga akan membantu menekan biaya investasi. Jika memang harus menggunakan software dengan fitur tertentu tetapi anggarannya terbatas, biasanya dari penyedia software memberikan penawaran solusi seperti pembelian secara kredit.

Dengan membeli software pulsa, seorang pengusaha konter bisa membuat sistem servernya sendiri. Tidak hanya dijual sendiri, pemilik usaha juga dapat merekrut agen atau reseller dan memperluas jaringan penjualan. Caranya cukup dengan mendaftarkan nomor calon agen ke dalam master data. Semakin banyak agen bergabung, semakin tinggi omset yang bisa diperoleh oleh pemilik usaha.

Meskipun dapat bekerja secara otomatis selama 24 jam, pemilik server harus memperhatikan prosedur perawatan sistemnya. Salah satunya yaitu memastikan sistem secara berkala dengan menggunakan timer sehingga sistem akan mati dan aktif sendiri sesuai jadwal yang telah ditentukan.