Merebaknya pandemi virus corona di seluruh dunia membuat pemerintah berbagai negara kemudian menyusun kebijakan yang tepat untuk menanganinya. Salah satunya adalah melakukan perubahan dan perbaikan pada tatanan hidup masyarakatnya. Supaya bisa beradaptasi dengan adanya virus corona tanpa harus selalu berdiam di dalam rumah sampai vaksin ditemukan.

Mengenal Berbagai Fakta New Normal

Fakta Terkait New Normal

Indonesia juga menerapkan pola tatanan kehidupan baru yang disebut dengan istilah new normal atau kenormalan baru. Tatanan baru ini kemudian akan merubah pola hidup masyarakat luas, dan ada beberapa fakta menarik terkait kebijakan ini:

  • New normal merubah perilaku masyarakat khususnya ketika berada di tempat umum.
  • Masyarakat akan lebih memprioritaskan masalah kesehatan dan keselamatan agar aman dari virus corona.
  • Memerlukan persiapan fisik dan juga mental.
  • New normal perlu diakui hanya akan bisa sukses ketika dipatuhi dan diterapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.
  • Memunculkan peraturan baru di dunia kerja, seperti kewajiban cuci tangan, memakai masker, pembagian jam kerja, dan lain sebagainya.

Persiapan Terbaik Menghadapi New Normal

Perubahan yang muncul sebagai efek dari penerapan new normal memang sangat banyak dan skalanya besar. Tidak salah jika mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut era kenormalan baru tersebut. Beberapa persiapan yang bisa dilakukan adalah:

1. Mempersiapkan Daya Tahan Tubuh

New normal akan membuat Anda lebih sibuk karena perlu lebih rajin mencuci tangan, jumlah cucian lebih banyak, dan lain sebagainya. Maka jauh-jauh hari sangat penting untuk mempersiapkan daya tahan tubuh. Apalagi saat new normal ini diterapkan praktis Anda kembali beraktivitas. Sehingga bisa belajar tidur cukup, makan yang sehat, dan rutin berolahraga.

2. Mempersiapkan Keamanan saat Keluar Rumah

Kenormalan baru akan membantu Anda kembali beraktivitas dengan normal namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Maka perlu mempersiapkan atribut untuk menjaga keamanan saat keluar rumah. Mulai dari menyediakan masker kain, sarung tangan, jaket tebal, dan face shield.

3. Belajar Menjaga Jarak

Menjaga jarak akan tetap menjadi kewajiban selama new normal sebagaimana ketika pandemi pertama kali melanda. Namun karena sempat berdiam di rumah sesuai kebijakan pemerintah. Bisa jadi sedikit gagap untuk menjaga jarak, maka mulailah belajar dari sekarang supaya tetap aman dari resiko penularan Covid-19.

4. Belajar Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan wajib menjadi prioritas selama era new normal, maka perlu belajar hidup bersih dari sekarang. Misalnya saja membiasakan diri langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah, lebih sering ganti baju, dan sebagainya.

5. Menyadari Keselamatan Diri dan Orang Sekitar

Penting pula untuk menyadari bagaimana menjaga keselamatan diri dan orang sekitar selama new normal. Sebab aktivitas sekecil apapun bisa meningkatkan resiko penularan Covid-19, maka perlu belajar bagaimana menghindari resiko tersebut.

New normal perlu diakui menuntut sejumlah persiapan agar bisa beraktivitas dengan nyaman dan tetap aman dari Covid-19. Jadi, lakukan berbagai persiapan di atas agar tetap nyaman kembali beraktivitas.