Smartphone kini tidak lagi menjadi barang mewah seperti di tahun 1990-an, sebab kini sudah menjadi kebutuhan pokok. Penggunaannya menjadi aktivitas harian dan selalu menjadi prioritas.

Ketika smartphone ini hilang maka dijamin akan dibuat kelabakan. Bagaimana cara menemukanya? Jika ingin menemukan smartphone tersebut, maka bisa menggunakan Android Device Manager Lock.

Mengenal 4 Fungsi Fitur Android Device Manager Lock

Sekilas Tentang Android Device Manager Lock

Pernahkan Anda mendengar istilah Android Device Manager Lock sebelumnya? Jika belum maka perlu mengetahui dulu definisinya. Jadi, Android Device Manager Lock adalah fitur yang dibuat oleh Google yang bisa digunakan pengguna smartphone untuk menemukan smartphonenya yang hilang.

Fitur ini bisa digunakan untuk Android versi 2.2 ke atas, dan tentu menjadi solusi untuk menemukan smartphone Anda yang berharga. Hanya saja, fitur ini masih memiliki sejumlah batasan. Seperti:

  • Belum memungkinkan untuk melacak smartphone yang kondisinya mati.
  • Tidak bisa dipakai mengambil data dari smartphone yang hilang.
  • Belum bisa mengendalikan dan merusak smartphone dari jarak jauh.
  • Tidak bisa melacak lokasi jika smartphone sudah di reset.

Fungsi Android Device Manager Lock

Melalui penjelasan di atas tentu bisa dipahami dengan baik mengenai apa itu fitur Android Device Manager Lock. Selanjutnya bisa mengetahui apa saja fungsi dari fitur besutan Google satu ini. Fungsi tersebut antara lain:

1. Melacak Lokasi Smartphone

Fitur Android Device Manager Lock memiliki kemampuan geolocation yang membuatnya bisa melacak lokasi smartphone. Hanya saja sampai saat ini hasil pelacakan masih belum akurat. Namun hasil pencarian tersebut tentu memberi gambaran mengenai lokasi smartphone ada dimana, sehingga bisa segera ditemukan.

2. Membunyikan Smartphone

Fitur Android Device Manager Lock juga membantu membunyikan smartphone yang terlupa ditaruh dimana. Maksudnya adalah, ketika Anda lupa menaruh smartphone dimana dan bingung mencarinya. Maka bisa memanfaatkannya untuk membunyikan smartphone. Bunyi ini tetap akan muncul meskipun smartphone diatur silent.

3. Mengunci Smartphone

Fungsi berikutnya dari fitur Android Device Manager Lock adalah mampu mengunci smartphone yang hilang. Selama smartphone ini tidak menggunakan fitur lock screen maka fungsi ini dapat berjalan dengan baik. Jadi, setelah menyadari smartphone hilang tinggal diaktifkan agar tidak ada yang bisa mengakses layar smartphone.

4. Menghapus Isi Smartphone

Jika smartphone tidak kunjung ditemukan dengan langkah-langkah di atas, mungkin memang perlu mengikhlaskannya. Namun untuk melindungi data pribadi agar terhindar dari hal-hal tidak menyenangkan.

Maka kamu bisa memanfaatkan Android Device Manager Lock untuk menghapus data di smartphone. Fitur Android Device Manager Lock memiliki koneksi TCP rendah latency yang memungkinkannya mengirim perintah ke smartphone untuk menghapus data otomatis.

Fungsi tersebut menjadikan Android Device Manager Lock sangat bermanfaat. Meskipun masih memiliki batasan, paling tidak Anda bisa berusaha untuk menemukan smartphone yang hilang sesaat setelah menyadarinya.