Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk membangun perusahaan startup mereka sendiri. Sama seperti bisnis pada umumnya, untuk membangun perusahaan startup yang baik, Anda harus memulai dengan membangun team yang kuat.

Langkah Awal Membangun Startup

Langkah Awal Untuk Membangun Tim Startup Yang Solid

Pembentukan tim startup yang kuat, mendukung, dan efektif yang dapat bekerja sama, melaksanakan ide, serta fleksibel diperlukan untuk memulai dan mempertahankan keberhasilan suatu bisnis startup.

Nah apa saja langkah awal untuk membangun bisnis tim startup yang solid, yu simak penjelasanya sebagai berikut.

1. Menyamankan visi

Perlu visi yang sama agar tahu kemana arah startup yang sedang dibangun. Sebuah startup tidak mungkin bisa beroperasi tanpa adanya kesamaan visi.

Menyamakan visi tidak harus dimulai dari hal yang besar. Cobalah mulai dari hal-hal kecil, misalnya penambahan fitur produk, serta penunjang produktivitas yang akan dipakai, dll.

Selain itu, penting juga menyamakan visi tentang bagaimana membangun bisnis, budaya kerja, dan beberapa aspek krusial lainnya.

Masing-masing tim perlu untuk saling menyatakan pendapat tentang visi pribadi, motivasi bergabung dengan startup, dll. Visi yang sama akan menjadi pegangan untuk membangun dan mengembangkan startup di masa depan.

2. Menetapkan sebuah aturan yang jelas

Menetapkan aturan yang jelas tentu menjadi langkah awal untuk membangun tim startup yang kuat.

Contoh aturan yang jelas misalnya berapa jam alokasi waktu dalam 1 minggu untuk bersama-sama membangun startup.

Tiap jam berapa di pagi hari harus memberikan laporan kerja, kapan waktu meeting mingguan juga penting untuk dikomunikasikan.

Semua prinsip dan aturan tersebut harus diketahui masing-masing tim dan perlu dicatat agar satu sama lain bisa saling mengingatkan.

3. Membuat komitmen

Pentingnya membuat komitmen adalah sebagai bukti bahwa satu sama lain bisa saling percaya. Sikap saling percaya tentunya akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga masing-masing tim bisa menjalankan perannya dengan baik.

Membuat komitmen apa saja yang perlu dibuat dan sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan tim. Sebaiknya pun ada buku catatan berupa dokumen tertulis dan selalu diperbarui secara berkala.

4. Pembagian peran yang adil

Pembagian peran yang tepat untuk masing-masing tim akan mempengaruhi proses pertumbuhan startup Anda. Membagi peran masing-masing tim dengan melihat kemampuan atau keterampilan yang dimiliki.

Dengan pembagian peran ini maka bisnis startup Anda bisa beroperasi dengan lancar dan tercipta keselarasan dalam bekerja. Masing-masing tim juga harus bisa saling membantu dan melakukan improvisasi atas peran yang sudah dipercayakan.

Begitulah beberapa cara ataupun tips untuk membangun tim startup yang solid. Anda bisa mulai mencari tim untuk startup melalui kenalan, media sosial dan lain-lain.