Pernah mendengar kata “Multiple Intelligences”? Kata tersebut sangat erat kaitannya dengan anak-anak tercinta kita sebagai orang tua. Apakah ibu ataupun bapak mengetahui makna dari kata di atas? Baiklah, sebelumnya mari kita kenali dahulu arti dari Multiple Intelligences anak.

Multiple Intelligences anak adalah kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh setiap anak-anak. Setiap anak-anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga sangatlah penting setiap orang tua untuk mengetahuinya agar dapat membimbing anak tersebut sesuai dengan kecerdasan mereka masing-masing.

Kenali Kecerdasan Majemuk Anak Lewat Bermain Bersama

Orang Tua Wajib Tahu 8 Kecerdasan Majemuk Anak

Setiap orang tua hendaklah mengetahui kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh anak-anaknya, agar dapat mengarahkan pendidikan sesuai dengan kemampuan masing-masing anak. Oleh sebab itu kenalilah 8 kecerdasan majemuk anak di bawah ini.

1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan majemuk anak yang pertama ini ditandai dengan kemampuan anak-anak dalam berbahasa tulis maupun lisan. Biasa disebut sebagai anak yang “cerewet”,banyak bertanya sebab ingin tahu segala sesuatu, suka menulis cerita ataupun puisi.

2. Kecerdasan Logika dan Matematis (Number Smart)

Kecerdasan majemuk anak yang kedua adalah kecerdasan matematis maupun logika.Jika ibu/bapak memiliki anak yang jago berhitung, memecahkan masalah dengan menggunakan logika, gemar bermain catur, puzzle serta selalu tertarik belajar matematika dibanding pelajaran nalar lainnya maka anak tersebut memiliki kecerdasan matematis atau logika.

3. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Jika sahabat memiliki anak yang pendiam, cenderung menyendiri an tidak suka bermain-main dengan teman sebayanya maka anak tersebut memiliki kecerdasan intrapersonal. Namun, anak dengan kecerdasan ini memiliki percaya diri yang tinggi, mandiri serta memiliki kemauan yang tinggi terhadap apa yang diinginkan.

4. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Kecerdasan majemuk yang satu ini kebalikan dari intrapersonal, kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan anak yang memiliki kepandaian dalam bergaul,sangat suka keramaian, memiliki banyak teman, aktif dalam kegiatan sekolah dan pandai bersosialisasi.

5. Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Apakah anak sahabat menyukai musik atau suka bernyanyi? Anak-anak yang menyukai musik, bernyanyi, cepat mempelajari piano, biola, gitar atau alat musik lain, berarti dia memiliki kecerdasan Musikal.

6. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Anak-anak yang memiliki kemampuan mendesain, membuat sketsa, mencoret-coret kertas, mewarnai, berimajinasi, menyusun balok, jago membaca peta, grafik maupun diagram, maka anak tersebut memiliki kecerdasan spasial.

7. Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)

Kecerdasan kinestetik dimiliki oleh anak-anak yang sangat aktif, gemar olahraga, menari, terampil dalam bidang kerajinan tangan, pandai menirukan perilaku orang lain, suka lari-lari, loncat-loncatan, memanjat dan aktivitas fisik serupa.

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan naturalis yaitu sangat suka bermain di alam, menyukai hewan-hewan, hobi berkebun, peduli lingkungan, dan senang membawa pulang serangga, bunga atau daun untuk dipamerkan pada orang rumah.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan bapak/ibu dapat mendorong dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya masing-masing. Sehingga anak-anak akan merasa senang dan tidak ada tekanan dari pihak manapun.