Pandemi covid-19 belum berakhir, tapi mau tidak mau kita harus beraktivitas kembali. Cukup sulit memang, orang-orang masih khawatir terpapar virus menjelang penerapan new normal di Indonesia ini.

Kebiasaan yang Harus Diubah di Era New Normal

Beradaptasi dengan Situasi dan Kondisi New Normal

Kondisi new normal ini tetap harus dilalui. Masyarakat harus beradaptasi dengan situasi yang baru, yaitu hidup berdampingan dengan virus corona. Agar hidup tetap terasa tenang, ada hal-hal atau kebiasaan yang harus diubah setelah masuk new normal, antara lain:

1. Jaga Jarak

Di era new normal, kebiasaan menjaga jarak dengan orang lain wajib dilakukan saat mulai beraktivitas. Memang cukup sulit, karena sifat asli masyarakat Indonesia yang ramah tamah, suka bersosialisasi dan bergotong royong. Sebagian masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan kontak fisik seperti bersalaman hingga berpelukan dengan kerabat.

2. Berpikiran Positif

Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat pemberitaan tentang corona dan kondisi saat ini yang tak menentu. Contohnya: Covid-19 meningkatkan krisis ekonomi secara global, sehingga meningkatkan angka kriminal. Namun kita harus tetap berpikiran positif dan menghindari stress, karena dapat membuat tubuh kita lebih tahan banting menghadapi apapun.

3. Mengenakan Masker

ekarang, Mulailah membiasakan diri dengan aturan atau protokol kesehatan, seperti kebiasaan mencuci tangan, mengenakan masker saat keluar rumah, sebagai bentuk pencegahan penularan virus antar individu.
Namun, tidak semua orang diperbolehkan memakai masker. Berikut kategori orang yang tidak disarankan memakai masker:

  • anak-anak di bawah usia dua tahun
  • siapapun yang kesulitan bernapas
  • orang yang dalam keadaan tidak sadar dan memiliki gangguan fungsi tubuh sehingga tidak bisa melepas masker tanpa bantuan.
  • Mengatur Asupan Nutrisi pada Makanan

Jika sebelumnya kamu tidak terlalu memikirkan soal asupan makanan apa saja ke dalam tubuh. Kini kamu wajib memperhatikannya, sebab tubuh tak hanya butuh perlindungan dari luar saja tapi juga butuh perlindungan dari dalam.

Daya tahan tubuhmu akan lebih kuat dan tak mudah sakit apabila diberi asupan makan yang bergizi seimbang. Makanlah banyak sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

Agar tubuh semakin kuat, imbangi dengan berolahraga rutin. Dengan makan sayur dan buah serta berolahraga, tidak hanya untuk melindungi tubuh dari virus, tapi juga melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Empat hal di atas adalah hal yang dapat anda lakukan ketika new normal. Era new normal menjadi tantangan baru yang perlu penyesuaian tinggi, agar kesehatan menjadi prioritas utama, khususnya di tempat umum yang menjadi sumber keramaian.

Setiap langkah yang kita lakukan adalah usaha untuk tetap sehat dan produktif di era new normal. Percayalah, kita bisa melaluinya.