Sebagaimana diketahui bahwa saat ini whatsapp (WA) menjadi salah satu aplikasi mobile yang paling banyak digunakan. Faktor kemudahan dalam berkomunikasi lah yang menjadikan WA begitu digandrungi, baik kalangan remaja maupun orang dewasa.

Melalui WA orang-orang dapat mengirim berbagai konten pesan, mulai dari teks, gambar, suara, bahkan video. Oleh karena hal ini pulalah terkadang isi dari whatsapp menjadi overload (penuh). Lalu jika demikian, bagaimana cara mengatasinya? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

4 Cara Membersihkan Isi Whatsapp yang Penuh

4 Cara Membersihkan Isi Whatsapp yang Penuh

Whatsapp memang dapat digunakan untuk mengirim atau berbagi berbagai konten media, mulai dari teks, audio, hingga video. Namun disisi lain, aktivitas membagikan berbagai konten tersebut dapat membuat whatsapp menjadi penuh. Sehingga imbasnya adalah aplikasi menjadi berat dan cenderung lamban. Jika memang hal ini terjadi, maka perlu dilakukan pembersihan dengan beberapa cara berikut.

1. Menghapus Pesan Chat Pribadi

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan isi whatsapp yang penuh adalah menghapus pesan chat pribadi. Jika memang banyak melakukan chat pribadi ke sejumlah teman, maka sebaiknya pilah dan pilih pesan yang penting. Sementara pesan yang tidak penting sebaiknya dihapus. Jika ingin menghapus keseluruhan isi pesan dari satu chat, maka cukup mengetuk menu bersihkan chat dan beri tanda ceklis pada penghapusan media. Dengan demikian seluruh isi pesan akan terhapus.

2. Menghapus Pesan Chat Group

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah menghapus pesan chat grup whatsapp. Biasanya setiap grup cenderung memiliki beragam bentuk pesan dan tentu saja itu akan membuat isi whatsapp menjadi penuh. Agar fungsi WA dapat berjalan optimal, maka lakukan penghapusan pesan. Caranya hampir sama dengan penghapusan pesan pribadi tadi.

3. Membersihkan Cache Whatsapp

Cara selanjutnya yang juga penting untuk diperhatikan adalah membersihkan cache dari aplikasi WA. Setiap aplikasi mobile sudah pasti akan memiliki file cache tersendiri, Umumnya file ini akan cenderung bertambah seiring dengan aktivitas pemakaiannya. Oleh sebab itu, cobalah untuk menghapus cache WA melalui menu pengaturan di smartphone. Tujuannya adalah agar aplikasi dapat digunakan lebih optimal.

4. Kelola Berkas Whatsapp di Penyimpanan

Cara kelima yang dapat membantu membersihkan isi whatsapp adalah dengan mengelola berkas penyimpanannya. Biasanya berkas WA akan tersimpan pada memori internal. Semakin banyak berkasnya tentu akan semakin banyak pula ruang yang terpakai. Oleh sebab itu, aturlah ruang penyimpanan berkas WA agar tidak menumpuk dan menghabiskan ruang memori smartphone yang dimiliki.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan isi whatsapp. Tentunya cara-cara tadi dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri. Jika memang tidak mampu untuk melakukannya, maka mintalah bantuan kepada teman yang lebih ahli. Semoga bermanfaat.