Di tengah pandemi corona, sejak awal memang anak sekolah maupun anak kuliah diliburkan sampai batas waktu tertentu. Sampai detik ini perpanjangan masa libur terus dilakukan, namun masa libur ini bukan untuk liburan melainkan untuk belajar dari rumah. Sistem belajar pun berubah dari yang konvensional ke sistem online untuk tetap mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Hikmah dari Sistem Belajar Anak Sekolah Selama PSBB

Sistem Belajar Anak Sekolah Selama PSBB

Sistem belajar anak sekolah selama PSBB dan physical distancing di tengah pandemi adalah dengan belajar di rumah. Sudah berlangsung sejak awal Maret dan masih bertahan sampai sekarang. Sistem pembelajaran mengandalkan platform belajar online atau e-learning dan siswa yang bersangkutan didampingi oleh orangtua di rumah.

Sistem belajar terbaru ini ternyata memberi banyak hikmah yang dirasakan oleh berbagai pihak. Seperti:

1. Lebih Memanfaatkan Teknologi

Sistem pembelajaran baru secara online membuat anak sekolah lengkap dengan orangtua di rumah semakin melek dengan teknologi. Banyak yang kemudian mengoptimalkan penggunaan WhatsApp, sosial media, Google Classroom maupun Zoom yang sebelumnya masih terasa asing dan dimanfaatkan secara terbatas.

Hikmah ini tentu saja memberi pengalaman baru dan bermanfaat untuk tetap bisa belajar dengan teknologi terkini yang sudah ada. Jika tidak ada pandemi bisa jadi teknologi ini hanya sekedar bahan bacaan tanpa pernah digunakan langsung.

2. Bisnis Startup Terbantu

Diberlakukannya sistem belajar dari rumah untuk anak sekolah memang perlu diakui memberi bantuan bagi bisnis startup tertentu untuk tumbuh dan berkembang. Salah satunya adalah bisnis startup di bidang pendidikan, misalnya saja jasa penyedia platform belajar online. Sebut saja seperti Ruangguru atau yang lainnya yang kemudian dimanfaatkan optimal.

3. Keluarga Memiliki Andil Besar

Selama ini orang tua memiliki peran terbatas dalam memonitoring belajar anak-anak, sebab sebagian besar dilakukan guru di sekolah. Namun dengan sistem pembelajaran terbaru di tengah pandemi peran orang tua jauh lebih dominan. Tidak sedikit orang tua yang harus belajar lagi pelajaran zaman masih SD, SMP, atau SMA supaya bisa mendampingi buah hatinya mengerjakan tugas.

Selain itu anak-anak juga bisa memiliki waktu lebih untuk dekat dengan orang tuanya. Anak-anak pun lebih terbantu untuk belajar karena orang tua akan memberi penjelasan secara privat dan mendetail sampai anak paham.

4. Menjalankan Kegiatan Bermanfaat Selama di Rumah

Sistem pembelajaran online yang saat ini diterapkan untuk mendukung kebijakan belajar dari rumah juga memberi hikmah semakin banyaknya orang yang melakukan kegiatan positif di rumah. Anak-anak akan fokus belajar dan orang tua melakukan dampingan. Selain itu orang tua juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan positif, seperti belajar bersama, membaca buku, menggambar, dan sebagainya.

Semua kejadian memang selalu memberi hikmah, tidak terkecuali dengan kondisi seperti sekarang. Anak-anak sekolah bisa menikmati proses belajar online dari rumah dengan nyaman dan memberi banyak manfaat menguntungkan.