Era New Normal merupakan tahapan kehidupan baru yang akan dilalui oleh setiap orang. Pada fase kehidupan ini kita akan berusaha untuk tetap hidup dengan sehat dan beraktivitas normal walau ada bahaya dari pandemi virus covid-19.

Tentunya walau telah berada dalam tahapan new normal, kita tetap harus menjaga kondisi keuangan dan tidak boros. Terlebih secara umum perekonomian pada fase ini baru mulai membaik. Agar dapat berhemat (tidak boros) dalam menghadapi new normal, coba perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Hadapi New Normal Lakukan Hal ini Agar Dompet Tidak Boros

4 Tips Cerdas Hidup Hemat (Tidak Boros) Selama New Normal

Pada dasarnya perilaku hidup boros sangatlah tidak baik untuk dilakukan dan dibiarkan terjadi. Termasuk ketika berada dalam tatanan new normal, maka perilaku seperti itu tetap harus dihindari. Bagaimana cara menghindarinya? Perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Utamakan Kebutuhan Pokok

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah mengutamakan kebutuhan pokok. Tentunya kita memahami bahwa kebutuhan hidup saat ini semakin meningkat dan harus terpenuhi. Namun agar terhindar dari perilaku boros, sebaiknya utamakan pemenuhan kebutuhan pokok. Paling tidak kita mengutamakan aspek pangan yang menjadi modal penting dalam kehidupan.

2. Atur Penggunaan Pulsa dan Kuota Internet

Pulsa dan kuota internet menjadi hal yang krusial di era new normal ini. Baik pulsa maupun kuota internet sama-sama menjadi kebutuhan hidup yang harus terpenuhi. Kita membutuhkannya agar dapat menjalin komunikasi, bekerja, maupun melakukan hal lain yang berkaitan dengan teknologi komunikasi.

Akan tetapi tentu saja kebutuhan dan penggunaan pulsa maupun kuota internet harus disikapi dengan bijak. Sebab kedua hal ini memiliki potensi besar untuk membuat kita menjadi boros.

3. Pikir Dua Kali Ketika Ingin Membeli Suatu Barang

Tips ketiga yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah sebaiknya pikirkan dua kali lebih matang ketika ingin membeli suatu barang. Ketika Anda menemukan suatu tawaran barang yang menarik, maka jangan langsung membelinya. Namun pikirkan kembali apakah barang tersebut sedang dibutuhkan atau tidak. Kemudian perhatikan pula apakah ada jenis barang lain yang lebih dibutuhkan saat ini.

4. Memiliki Simpanan Uang untuk Hari Esok

Tips keempat adalah Anda juga harus mengelola keuangan yang dimiliki guna menyiapkan keperluan hari esok. Dewasa hal semacam itu dikenal dengan istilah dana darurat.

Kehadiran dana darurat ini akan sangat bermanfaat untuk menutupi kebutuhan yang mendesak pada new normal nanti. Anda dapat menyisihkan sebagian uang belanja atau uang jajan untuk mempersiapkan uang darurat tersebut.

Semoga dengan memperhatikan empat tips tadi kita semua dapat menjalani new normal dengan baik dan tidak boros. Selain itu, jangan lupa pula untuk tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang telah diberlakukan oleh pemerintah agar kita semua aman dari infeksi virus tersebut. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi semua dalam menjalani new normal.