VGA atau Video Graphics Array merupakan sebuah standar tampilan yang ada pada komputer analog yang telah dipasarkan pada tahun 1987 untuk pertama kalinya.

Dalam pengertian lain, vga card juga dapat dikatakan sebagai sebuah kartu grafis yang berfungsi untuk mengolah data grafis yang akan ditampilkan di layar monitor komputer.

CGA menjadi standar yang diikuti oleh hampir seluruh pabrik yang membuat kartu grafis dengan menggunakan komputer.

Seperti halnya dengan windows yang hingga saat ini masih menggunakan VGA karena banyak produsen yang melakukan monitor dan membuat kartu grafis. Biasanya VGA card juga dinamakan video card, display card, video adapter, graphics card atau juga display adapter.

Fungsi VGA Card Beserta Jenis-Jenisnya

Mengenal Fungsi dari VGA Card

Perlu diketahui jika VGA card digunakan untuk menerjemahkan keluaran dari komputer menuju monitor. Contohnya pada saat bermain game atau membuat desain grafis diperlukan kartu grafis yang memiliki daya tinggi.

Tidak hanya itu, VGA Card juga digunakan untuk mengantarkan sinyal dari video analog menuju monitor. Kartu ini mengubah sinyal atau menerjemahkan sinyal dari komputer sehingga menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Tempat untuk meletakkan kartu grafis di komputer disebut slot expansi. Pada kartu VGA ada banyak chipsetnya karena setiap pabrik yang membuat kartu VGA memiliki chipset andalan mereka masing-masing.

Jenis-Jenis VGA Card

Selain mengenal fungsi dari VGA Card, sebaiknya kenali juga jenis-jenis yang ada pada VGA Card itu sendiri. VGA card memiliki beberapa jenis yaitu:

1. VGA ISA

Kartu VGA yang pertama adalah VGA ISA atau Industry Standard Architecture dimana jenis kartu ini dipasang di slot ekspansi ISA bus yang memiliki sistem I/O 8-bit atau juga 16 bit. Tapi sayangnya kartu ini sudah tidak dipakai lagi sebab kecepatan untuk transfer datanya sangat lambat.

2. VGA EISA

Selain ISA ada juga VGA EISA atau Extended Industry Standard Architecture dimana jenis kartu ini dipasang pada slot DISA bus yang bersistem I/O 32-bit/ Sama seperti VGA-ISA, VGA EISA ini juga sudah tidak digunakan lagi karena kecepatan dan hasil kombinasi warnanya yang terbatas.

3.VGA PCI

Jenis kartu VGA yang ketiga adalah yang dipasang di slot PCI atau Peripheral Component Interconnect yang sistemnya I/O 32 bit atau 64 bit.Kartu yang ketiga ini juga jarang digunakan sebab fitur-fiturnya yang terbatas.

4.VGA AGP

Jenis kartu VGA yang keempat bernama VGA AGP dimana jenis ini dipasang di slot AGP atau Accelerated Graphics Port yang memiliki sistem I/O 128 bit atau 256-bit.

5. VGA PCIe

Dan terakhir ada VGA PCIe yang merupakan jenis kelima dari VGA Card. PCIe sendiri adalah Peripheral Component Interconnect Express yang sistem I/O-nya merupakan rangkaian seri. Kecepatan transfer vga ini dapat mencapai 32GB/s.

VGA Card memiliki fungsi yang memudahkan para pengguna dalam membuat desain grafis atau bermain game video. Selain itu, VGA Card juga banyak jenis-jenisnya tapi beberapa diantaranya sudah tidak digunakan lagi saat ini.