Langkah-langkah Melakukan Transaksi Whatsapp dengan Agen PulsaAda yang enggak tahu WhatsApp Payment? Bila belum kami akan memberi informasi terkait WhatsApp Payment. Diketahui WhatsApp telah merilis aplikasi Payment versi beta-nya pada awal tahun 2018. Aplikasi ini diluncurkan dan resmi digunakan di India pada bulan Februari 2018. Indi dipilih menjadi pilot project WhatsApp Payment karena bank pemerintah di India bersedia berkerjasama dengan WhatsApp.

Dalam kurun waktu 5 bulan, lebih dari 70 bank India mampu bekerja sama dengan aplikasi WhatsApp Payment. Hal ini sesuai dengan visi negara India yakni ”Menuju India Digital”..sebuah ikon dengan simbol tanda Rupee (mata uang India) akan muncul bersamaan dengan tombol berbagi lokasi atau kontak saat pengguna meng-klik simbol “lampirkan” di layar obrolan. Pengguna bisa mengirim atau meminta uang dengan mengklik tombol Rupee.

Pengguna dapat memasukkan jumlah yang harus dibayar dan nomor identifikasi pribadi sebelum klik kirim. Sementara itu, penerima akan mendapatkan pemberitahuan, mirip dengan yang ada saat Anda menerima panggilan kontak. Ada pilihan untuk menerima atau menolak permintaan tersebut. Aplikasi chat ini telah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di India dan 1,3 miliar di seluruh dunia. Selain itu, berkat pemertintah juga memberikan harga internet dan smartphone murah kepada masyarakat India.

Saat ini aplikasi WhatsApp Payment masih hanya bisa melakukan pembayaran person to person atau antar perorangan Jadi, aplikasi ini belum bisa melakukan pembayaran pada pihak ke tiga. Untuk menggunakan Whatsapp Payment, biasanya Anda terlebih dahulu akan diberikan perjanjian MoU antara pengguna, Whatsapp, dan bank. Anda sebagai pengguna harus mensinkronkan terlebih dahulu nomor telepon di bank tempat Anda menyimpan uang dengan nomor Whatsapp yang Anda. Setelah semua selesai, maka Anda sebagai pengguna akan mendapat nomor UPI (Unified Payment Interface) yang akan digunakan pada saat bertransaksi di Whatsapp Payment.

Cara melakukan transaksi di Whatsapp sangatlah mudah. Jika Anda ingin mencobanya, maka carilah seorang kawan agar Anda bisa bertransaksi. Anda dan partner harus menginstall Aplikasi WhatsApp Versi Beta. Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka contact person pengguna yang akan bertransaksi dengan Anda. Setelah itu, Anda bisa menekan ikon attachment yang biasa digunakan untuk mengirim dokumen, foto, audio, lokasi, atau pun kontak. Maka pada deretan tersebut akan ada fitur baru yaitu ”Payment”. Klik pada pilihan “akun payment”, kemudian pilih akun bank Anda. Lalu silakan pilih bank tujuan transaksi atau bank milik partner Anda. Masukan nilai uang yang akan Anda transfer, lalu masukan kode UPI (semacam PIN) yang sudah Anda miliki. Kemudian kirim menggunakan tombol “send”, maka uang Anda akan terkirim secara digital ke bank milik partner Anda. Mudah bukan?!

Demikian cara transaksi dengan WhatsApp Patment. Dengan kehadiran WhatsApp Payment, maka akan memberikan kemudahan lebih untuk transaksi bisnis Anda.