Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri dalam menyambut bulan suci ramadhan, terutama mereka yang memiliki adat istiadat tersendiri yang tidak menyalahi aturan syariat islam. Hal terpenting dalam menyambut ramadhan mengarah ke hal-hal positif agar ibadah puasa kita dapat berjalan lancar dan amalan diterima oleh Allah SWT.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan diri kita dengan sebaik mungkin agar ramadhan dapat dilalui sesuai dengan harapan yang ada. Selanjutnya, untuk lebih jelasnya mengenai cara tepat dalam menyambut bulan suci ramadhan dapat dilihat pada uraian di bawah ini.

Cara Tepat Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

5 Cara Tepat Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Banyak sekali daftar cara-cara spesial yang bisa dilakukan oleh setiap muslim dalam menyambut datangnya bulan ramadhan. Pastinya yang tidak bisa dipungkiri adalah menyambutnya dengan hati yang penuh dengan kegembiraan.

Hati yang gembira nan bersih merupakan cara utama menyambut datangnya bulan suci ramadhan agar semakin bersemangat serta ikhlas dalam menjalankan ibadah puasanya nantinya. Selain itu, masih banyak lagi cara-cara yang lain, yang tepat serta mengarah ke hal positif. Berikut ini akan di jelaskan cara-cara tepat tersebut.

1. Bertaubat Kepada Allah SWT

Pertama, cara tepat yang wajib dilakukan dalam menyambut kedatangan bulan suci ramadhan adalah bertaubat kepada Allah SWT sebab sudah pasti kita sebagai manusia memiliki kesalahan. Oleh sebab itu sangat tepat jika bertaubat terlebih dahulu sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT.

2. Berdoa kepada Allah SWT

Kedua, hal tepat yang bisa dilakukan adalah selalu memohon doa kepada Allah agar senantiasa diberikan kesehatan jasmani maupun rohani sehingga dapat bertemu dengan bulan ramadhan serta menjalankannya tanpa kekurangan suatu apapun.

3. Saling memaafkan

Jika pada bulan-bulan serta hari-hari sebelumnya sempat berselisih faham dengan teman atau pun saudara, maka sebaiknya sebelum ramadhan ini mohon untuk saling memaafkan. Sebab tidaklah baik setiap umat muslim tidak bertegur sapa lebih dari 3 hari. Apalagi ini telah mendekati bulan suci ramadhan, bulan yang penuh dengan pengampunan.

4. Menjaga silaturahmi

Berkunjung ke tempat-tempat keluarga sebelum bulan suci ramadhan juga sangatlah elok, apalagi tujuannya untuk menjaga serta mengeratkan tali silaturahmi. Sebab dengan terjaganya tali silaturahmi tersebut akan menjaga kekuatan ikatan persaudaraan.

5. Mengadakan doa selamat bersama

Biasanya banyak sekali umat muslim yang mengadakan doa selamat bersama para keluarga dan kerabat dekat yang diadakan sebelum memulai puasa ramadhan. Hal ini sangtalah memberikan nilai positif sebab dengan adanya acara tersebut, bersama-sama dengan para keluarga serta kerabat dapat meminta doa keselamatan kepada Allah SWT. Hal tersebut agar dalam menjalankan ibadah puasa tidak terdapat suatu halangan Apapun.

Demikianlah 5 cara tepat untuk menyambut bulan suci ramadhan yang bisa para sahabat lakukan. Selamat menyambut bulan suci ramadhan dan semoga kita semua sehat selalu.