Di era digital, hampir semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Karena internet memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal mulai dari mendapatkan informasi terkini, menonton video dari youtube, menjalin komunikasi dengan orang-orang yang jaraknya jauh.

Sebenarnya internet memiliki sifat terbuka atau open. Dan tidak ada larangan yang diberikan baik dari pemerintah maupun ISP atau Internet Service Provider. Tapi sekarang, ada beberapa situs yang mulai diblokir oleh beberapa kalangan dengan berbagai alasan.

Pastinya kesal jika saat ingin mengakses situs, ternyata situs tersebut sudah terblokir. Padahal Anda memang tengah memerlukannya untuk menyelesaikan sebuah tugas. Tapi tenang saja, Anda bisa membuka situs dan mengaksesnya meski sudah terblokir.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Website Bagi Sebuah Bisnis

Cara Mudah Mengakses Situs yang Sudah Diblokir

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Tidak perlu khawatir jika nanti situs yang digunakan sudah diblokir oleh kalangan tertentu. Karena Anda masih bisa membuka situs yang diblokir tersebut. Anda bisa gunakan beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Mengakses Web Proxy

Langkah pertama, Anda bisa mengakses website Proxy. Tenang saja, website ini sifatnya gratis dan bisa Anda gunakan untuk membuka situs yang sudah diblokir. Dan penggunaanya juga mudah, hanya mengetikkan http://webproxy.to di browser Anda.

Setelah muncul halamannya, langsung ketikkan alamat URL dari situs yang sudah diblokir pada kotak pencarian yang sudah disediakan. Halaman yang tidak bisa dibuka nanti bisa Anda buka lagi.

2. Memakai VPN

Kemudian, Anda bisa gunakan VPN. Cara ini menjadi cara yang paling umum dan mudah dilakukan. VPN sendiri bekerja dengan cara menghubungkan jaringan internet ke jaringan yang lain menggunakan IP berbeda.

Dengan VPN, maka Anda akan dimudahkan untuk berselancar dengan aman dan bebas di internet. Anda juga bisa membuka situs-situs yang sudah diblokir.

3. Melalui Browser Opera

Siapa yang tidak kenal dengan browser opera? Salah satu browser populer ini bisa Anda gunakan jika ingin membuka situs yang sudah terblokir.

Tapi jika Anda ingin menggunakan chrome atau firefox biasanya harus ada aplikasi tambahan yang digunakan untuk mengakses situs yang terblokir. Tapi opear sudah memiliki fitur VPN jadi tinggal aktifkan saja fitur ini.

4. Memakai SSH

Cara selanjutnya untuk Anda yang ingin membuka situs yang sudah diblokir adalah dengan SSH. SSH berfungsi sebagai jaringan yang bertugas untuk melindungi pertukaran data dari berbagai ancaman seperti virus. Jadi Anda bisa surfing bebas di internet dan data Anda pun akan tetap terlindungi dari virus-virus yang berbahaya.

5. Browser TOR

Dan terakhir, Anda bisa gunakan TOR. TOR adalah browser khusus yang sudah mempunyai privasi tinggi. Anda juga bisa gunakan browser ini jika ingin membuka situs yang sudah diblokir pemerintah.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Web Browser Beserta Contoh-Contohnya

Itulah tadi beberapa aplikasi dan situs yang bisa Anda gunakan untuk membuka dan mengakses situs yang terblokir. Anda bisa pilih salah satu cara tersebut. Semoga berhasil.