Salah satu hal yang penting dilakukan di tengah masa pandemi saat ini adalah menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan diri saja yang harus dijaga tetapi kebersihan rumah.

Menjaga perabot rumah agar tetap higienis dan terhindar dari virus dan bakteri tentu menjadi sesuatu yang harus dilakukan. Karena bahayanya virus covid-19 tidak bisa disebarkan melalui udara melainkan dari barang-barang yang dihinggapinya.

Cara Menjaga Perabot Rumah Tetap Higienis di Tengah Pandemi

Perabotan Rumah yang Harus Tetap Dijaga Agar Higienis

Setiap rumah pasti punya banyak perabotan atau furniture. Karena kita hidup di masa pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya perabotan yang ada di rumah harus dijaga agar tetap higienis. Berikut ini beberapa perabotan di rumah yang penting untuk dijaga:

1. Perabotan di kamar mandi

Kita semua tahu jika kamar mandi menjadi spot di dalam rumah yang paling banyak terdapat bakteri. Karena itu sangat penting menjaga kebersihan perabotan-perabotan yang ada di dalamnya.

Salah satu cara menjaga perabotan kamar mandi agar tetap higienis adalah rutin membersihkan closet dan juga menyikat lantai kamar mandi secara berkala. Tidak hanya membuat nyaman saat menggunakannya tapi kehigienisan di dalam kamar mandi akan selalu terjaga.

2. Karpet

Jika di rumah Anda banyak karpet yang belum pernah dibersihkan, maka ada baiknya bersihkan sekarang juga. Karpet mengandung banyak sekali bakteri di tiap inci persegi.

Anda harus rutin membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu atau bisa juga dengan vacuum cleaner setiap 3 hari sekali misalnya.

Atau jika Anda rajin bisa menggunakan pembersih uap. Karpet yang digunakan juga sejatinya harus dicuci secara rutin supaya tidak ada bakteri yang menempel.

3. Wastafel

Pada saat akan membersihkan piring atau wadah makanan, tentu Anda akan membersihkannya di wastafel, bukan? Sisa-sisa makanan yang menempel di piring sudah pasti menjadi sarang berkumpulnya bakteri.

Anda bisa bayangkan betapa banyaknya bakteri yang mengumpul di wastafel? Jadi jika sebelumnya Anda malas membersihkan wastafel, sekarang jangan lagi ya. Bila perlu Anda bisa pasang reminder untuk pengingat jika harus membersihkan wastafel nanti.

4. Spons untuk mencuci piring

Dan perabot rumah terakhir yang harus dijaga kebersihannya adalah spons untuk mencuci piring. Spons sendiri digunakan untuk mencuci piring.

Alih-alih bisa membersihkan piring, spons yang kotor malah dapat menyebarkan kuman. Karena itu, pastikan selalu membersihkan spons tersebut kemudian mengeringkan dan menggantinya secara berkala misalnya 2 minggu sekali.

Di masa pandemi seperti sekarang ini setiap orang wajib menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Hal ini dikarenakan virus covid-19 sangat berbahaya dan mudah menyebar melalui barang-barang yang disentuh. Dengan menjaga dan merawat diri dengan baik, semoga kita senantiasa terhindar dari virus berbahaya satu ini.