Ketika memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus kita persiapkan. Salah satunya adalah modal usaha.

Cara Memperoleh Dana untuk Usaha Kecil
cara mendapatkan modal usaha

Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Modal Usaha

Belum punya modal usaha? Jangan bingung dan berkecil hati. Yuk, ikuti cara-cara berikut ini:

1. Tabungan Pribadi

Umumnya orang memang menabung dengan tujuan tertentu. Jika memang sudah memiliki konsep yang matang untuk membuat sebuah usaha, tidak ada salahnya mengalihkan simpanan tersebut sebagai modal usaha. Namun, kita harus punya target sehingga bisa memastikan kapan simpanan tersebut bisa terkumpul kembali.

2. Menjual Aset

Anda bisa menjual aset anda seperti perhiasan atau kendaraan bermotor untuk modal usaha. Namun, kita harus percaya diri bahwa bisnis yang dijalani akan mampu mengembalikan aset tersebut, bahkan yang jauh lebih baik.

3. Menggadaikan Aset

Merasa sayang menjual aset tersebut? Anda bisa menggadaikannya untuk modal usaha. Pastikan Anda mampu menebus kembali aset yang sudah digadaikan saat sudah jatuh temponya.

4. Pinjam Modal Usaha pada Bank

Pinjaman pada bank saat ini masih menjadi salah satu alternatif paling banyak dipilih untuk mendapatkan modal usaha.

5. Pinjam Modal Usaha pada Teman atau Keluarga

Anda bisa meminjam kepada teman atau keluarga untuk modal usaha. Pinjaman bisa berupa utang atau ekuitas. Jika bentuknya utang, kita harus mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu, sedangkan jika bentuknya ekuitas maka kita tidak harus mengembalikan modal tersebut, tetapi diharuskan untuk memberikan sebagian saham usaha kita.

6. Crowdfunding

Crowdfunding bisa membantu Anda untuk mendapatkan modal usaha. Crowdfunding adalah penggalangan dana untuk proyek tertentu baik profit maupun non profit yang umumnya dilakukan di internet. Crowdfunding ini akan menghubungkan Anda dengan banyak orang yang akan menginvestasikan sebagian uangnya pada bisnis yang akan Anda jalani.

Orang yang berinvestasi ini akan mendapatkan reward sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh platform crowdfunding tersebut.

7. Mencari Partner Bisnis

Anda bisa mengajak teman atau kerabat untuk menjadi partner bisnis. Selain untuk menambahkan modal usaha, memiliki partner bisnis juga bisa membantu Anda untuk lebih konsisten dengan bisnis yang Anda jalankan. Tapi yang harus ditekankan dari awal adalah Anda dan partner bisnis Anda harus memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan bisnis tersebut.

8. Ikut Program Pendukung UKM

Untuk mendapatkan modal usaha, bisa dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga. Kebanyakan program tidak hanya memberikan modal usaha saja tapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha yang kita rintis.

Jika sudah memiliki model bisnis yang jelas, Anda bisa mencoba cara di atas untuk mendapatkan modal usaha. Selamat mencoba!