Saat ini hampir semua orang punya smartphone. Hal itu karena kehadiran smartphonet memang memberikan banyak sekali kemudahan. Dalam satu smartphone, kita bisa melakukan apapun tanpa harus beranjak dari tempat tidur, dan segala sesuatunya bisa selesai dengan mudah, yang diperlukan hanya koneksi internet saja.

Ketergantungan orang pada koneksi internet di smartphone membuat pengeluaran Anda semakin besar, terutama bagi orang-orang yang aktif bersosial media, browsing, main game, dan nonton video.

Biaya untuk membeli pulsa seringkali jadi membengkak karena Anda menghabiskan paket internet secara tidak sadar. Masalah pulsa ini bisa berdampak cukup besar pada keuangan bila Anda tidak tahu cara menghematnya. Kami akan memberi tips untuk menghemat paket data Smartphone Anda, di antaranya:

1. Aktifkan Smartphone Hanya Saat Diperlukan

Kebiasaan semua orang saat menggunakan smartphone adalah mengaktifkan mode pemakaian data setiap saat. Pada saat dalam mode pemakaian data, maka pasti ada sejumlah kuota internet yang terpakai meskipun Anda sedang tidak menggunakannya. Oleh karena itu, bila ingin hemat pulsa, Anda harus mengatur waktu pengaktifkan mode data. Anda harus menyadari bahwa tidak selalu harus terhubung dengan internet.

Jika Anda harus selalu mengecek smartphone setiap saat, padahal ada banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Jadi, disarankan untuk mengaktifkan mode data pada gadgetmu pada saat istirahat saja, dan matikan pada saat jam kerja atau belajarmu. Jadi pandai-pandailah mengatur waktu.

2. Pilih Paket Sesuai Pemakaian

Meskipun sama-sama menggunakan internet, namun setiap orang memiliki cara penggunaan internet yang berbeda-beda. Mungkin penggunaannya hampir sama, tapi mayoritas aktivitas yang dilakukannya bisa berpengaruh pada seberapa boros pemakaian pulsa Anda. Ada orang yang menggunakan internet lebih banyak untuk chatting, main game, atau browsing. Nah, Anda harus menyesuaikan paket internet Anda dengan kebiasaan pemakaian internet pada smartphone Anda.

Penggunaan paket data cocok untuk digunakan oleh Anda yang rajin memantau sisa kuota dan sejarah pemakaian kuota. Memakai paket data memang lebih murah, tapi jikaAnda tidak rajin mengecek pemakaiannya, malah bisa membuat semakin boros. Jadi sebelum membeli paket, pikirkan baik-baik paket yang sesuai.

3. Manfaatkan Wifi

Saat ini sangat banyak tempat yang menyediakan fasilitas wifi gratis. Dalam rangka menghemat pulsa, Anda sebaiknya memanfaatkan fasilitas tersebut. Menggunakan wifi akan sangat membantu Anda dalam berhemat, atau bisa dibilang gratis internetan. Selain itu, manfaatkan fasilitas wifi untuk menginstall update terbaru di smartphone dan men-download. Dua aktivitas ini jika dilakukan dengan menggunakan mode data akan sangat membuat boros, oleh karena, itu jangan lakukan kedua hal ini saat sedang menggunakan mode data. Harus manfaatkan wifi semaksimal mungkin kalau ingin paket data Anda tidak boros.

4. Perhatikan Sinyal di Lokasi

Terkadang ada lokasi-lokasi tertentu yang sulit mendapatkan sinyal. Hal itu tidak hanya menyebalkan, tapi juga membuat pemakaian kuota internet di smartphone Anda jadi boros. Saat smartphone Anda dalam mode data yang aktif, maka ia akan selalu berusaha mencari sinyal dan itu berdampak pada pemakaian paket data internet untuk hal yang tidak perlu. Jadi, jika Anda sedang dalam lokasi yang sulit sinyal, lebih baik dinonaktifkan dulu mode data ponsel Anda. Dengan begitu, Anda jadi bisa hemat pulsa dan juga hemat baterai.