Operating system atau sistem operasi secara umum merupakan perangkat lunak yang fungsinya adalah sebagai antarmuka dan mengatur semua sumber daya yang ada pada perangkat komputer.

OS memiliki fungsi utama yakni menghubungkan antara 3 komponen utama yakni software yang terdiri dari aplikasi dan program, hardware terdiri dari CPU, VGA Card, keyboard, monitor dan lain-lain, dan satu lagi ada manusia atau pengguna (brainware).

Tanpa menggunakan sistem operasi, baik komputer hingga smartphone tidak dapat berjalan secara optimal sebab dengan os inilah yang akan berperan dalam menjadi jembatan pengatur fungsi secara menyeluruh.

Sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting mulai dari mengatur hardware, menjalankan perintah, melakukan organisir dan mengatur aplikasi, menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bentuk grafis serta membuat peran komputer jadi lebih optimal.

Selain itu, sistem operasi juga memiliki banyak macamnya. Dan macam-macam os memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.

Macam-Macam OS pada Sistem Operasi Komputer

Dalam sistem operasi komputer terdapat macam-macam os yang perlu diketahui seperti:

1. Windows

OS komputer yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah windows. Windows merupakan os yang dikeluarkan pada tahun 1990 oleh Perusahaan Microsoft Corporation dengan nama windows 3.0 dan berbasis GUI.

Dari banyaknya versi yang dikeluarkan windows, yang paling banyak penggunanya adalah versi windows 7,8 sampai 10. Banyak orang menggunakan windows karena windows menawarkan berbagai kemudahan dalam mengoperasikannya.

2. Microsoft Disk Operating System

Disk Operating System atau DOS merupakan salah satu os yang saat ini banyak digunakan terutama komputer IBM-PC atau komputer yang sudah mendukung OS Microsoft DOS.

Microsoft DOS launching pertama kali pada tahun 1981 dan dibuat oleh Tim patterson yang merupakan bagian dari perusahaan SCT atau Seattle Computer Products sebelum kemudian dilakukan pengembangan oleh Microsoft.

3. Macintosh

Selain itu, ada juga os bernama macintosh dimana os satu ini dibuat khusus untuk para pengguna komputer macintosh. OS ini juga tidak kompatibel dengan komputer personal berbasis IMB. Macintosh pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 1984 oleh Apple Computer.

4. Linux

Ada juga linux yang merupakan salah satu sistem operasi komputer yang namanya cukup dikenal. Linus sendiri merupakan salah satu operating system yang memiliki tipe Unix Modular.

Linux pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an sampai dengan 1980-an. Linux telah menggunakan kernel Monolitik.

Yang membedakan Linux dengan sistem operasi komputer yang lain adalah OS ini punya kernel dan komponen yang dilakukan terbuka.

5. Unix

Dan terakhir ada UNIX yang merupakan operating system paling banyak digunakan pada komputer supercomputer serta mainframe. Lebih tepatnya lagi yang menggunakan unix adalah perusahaan berskala besar yang telah menggunakan super komputer agar dapat mengelola data yang besar.