Ramadhan tahun ini memang akan dinikmati secara unik, sebab lain dari bulan-bulan Ramadhan yang telah lewat. Sebab di tahun ini bulan suci datang bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang memasuki Indonesia dan 180-an negara lain di dunia. Tak pelak suasana Ramadhan menjadi lebih sendu, dan umat muslim memperbanyak aktivitas dengan di rumah saja.

6 Kegiatan di Rumah Aja Selama Ramadhan

Kegiatan di Rumah Aja Selama Ramadhan

Meskipun bulan puasa tahun ini tidak bisa menikmati kegiatan tarawih, tadarus di masjid, buka bersama, dan sebagainya. Namun dengan memilih kegiatan yang tepat selama Ramadhan di rumah saja dijamin akan membuatnya tetap berkesan. Berikut adalah berbagai kegiatan yang bisa dicoba dilakukan di rumah untuk mengisi bulan Ramadhan:

1. Memperbanyak Kegiatan Ibadah

Berhubung Ramadhan di tahun ini membuat semua umat muslim berdiam di rumah, maka waktu luang melimpah akan didapatkan. Supaya waktu luang tersebut bernilai pahala maka bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah. Misalnya mengaji bersama keluarga, mengajari anak mengaji Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

2. Membaca Buku Bagus

Kegiatan di rumah saja yang menarik untuk dilakukan di bulan suci adalah membaca buku, terutama buku bagus yang memang benar-benar bagus. Bisa memilih buku fiksi yang cukup terkenal dan memiliki nilai edukasi yang tinggi. Bisa pula membaca buku bertemakan Islam, sehingga bisa memperdalam ilmu agama setiap kali membacanya.

3. Belajar Keahlian Baru

Memiliki waktu lebih di Ramadhan tahun ini tetap perlu disyukuri meskipun di tengah perjuangan melawan Covid-19. Waktu melimpah di rumah bisa dipakai untuk mempelajari keahlian baru, akan lebih baik jika bisa menghasilkan uang. Misalnya saja belajar desain grafis secara online agar bisa menawarkan jasanya ke media sosial dan berpenghasilan.

4. Membersihkan Rumah

Membersihkan seluruh isi rumah maupun bagian luar rumah juga menjadi kegiatan seru dan bermanfaat selama di rumah saja. Bulan Ramadhan meskipun diisi dengan ibadah puasa, pastikan tidak malas bergerak. Coba saja membersihkan seluruh rumah, supaya saat lebaran tiba dijamin super bersih dan rapi.

5. Menyiapkan Menu Buka dan Sahur

Bulan puasa wajib seperti saat ini tentu membutuhkan asupan nutrisi sehat dan seimbang. Memilih memasak menu sahur dan berbuka sendiri tentu menjadi pilihan lebih bijak. Selain itu dengan memasak sendiri maka sudah memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan bermanfaat, silahkan berkreasi dengan resep-resep baru di rumah.

6. Menonton Film dan Acara Islami

Habiskan waktu luang Anda bersama keluarga dengan menonton film maupun acara bernuansa Islami selama Ramadhan di rumah saja. Sehingga bisa menambah wawasan keagamaan dan bisa lebih dekat bersama keluarga tercinta.

Bulan suci Ramadhan tahun ini memang berbeda, karena lebih sunyi dan memberi banyak rasa khawatir. Meskipun begitu tidak lantas menyurutkan semangat untuk beribadah secara maksimal. Jadi, meskipun hanya bisa berdiam di rumah ada baiknya melakukan kegiatan-kegiatan di atas agar tetap semangat menjalani ibadah puasa wajib.